bdadinfo.com

Ikuti Bimsik, 105 CJH Padang Panjang Dibekali Pengetahuan Kesehatan dan Ibadah - News

Ikuti Bimsik, 105 CJH Padang Panjang Dibekali Pengetahuan Kesehatan dan Ibadah (Kominfo Padang Panjang)


PADANG PANJANG, -- Sebanyak 105 orang calon jemaah haji (CJH) ikuti Bimbingan Manasik Haji (Bimsik) tingkat Kecamatan Padang Panjang Barat dan Padang Panjang Timur, Sabtu

Bimsik yang digelar di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Padang Panjang ini diisi deengan materi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang disampaikan dr. Faizah. Serta Pemantapan Ibadah dan Kegiatan Selama Penerbangan yang disampikan Hidayat DS,S.Ag, M.H.

Tampak hadir bersama CJH, Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M. Si bersama istri, Sri Hidayani, S.E, Ak yang juga akan menunaikan ibadah haji tahun ini.

Dokter Faizah menyampaikan beberapa hal. Di antaranya edukasi tentang penyakit menular, bagaimana pengelolaan stres, dehidrasi dan risikonya, serta kesehatan lansia.

Baca Juga: Tampil Trengginas! Jakarta Electric PLN Raih Kemenangan di Pertandingan Perdana PLN Mobile Proliga 2024

Sedangkan pada sesi kedua, Hidayat menyampaikan tentang tata cara Tayamum, tata cara salat Jama' Qashar dalam pesawat, keselamatan terbang dan ibadah ramah bagi jemaah lanjut usia.

Kepala Kankemenag, Drs. H. Alizar Chan, M.Ag menyampaikan, bimsik diadakan untuk meningkatkan kemandirian dan ketahanan CJH. Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan bagi CJH supaya menunaikan ibadah haji sesuai syariat Islam dan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

"Hari kedua ini, kita mendatangkan narasumber selain dari kantor kita juga dari Dinas Kesehatan. Para CJH perlu memperhatikan kesehatannya selama nanti beribadah haji," ujarnya.

Alizar berharap agar pelaksanaan ibadah haji, mulai dari manasik hingga berangkat dan pulang kembali ke tanah air, dapat berjalan dengan lancar, aman, selamat, serta bisa membawa predikat sebagai haji mabrur. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat