bdadinfo.com

HK Diguyur Dana Lagi Dari Pusat, Rp5 Triliun Siap Dihabiskan untuk Rampungkan Tol Padang-Sicincin Juli 2024 ini!   - News

Ilustrasi pihak pengembang Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat yang mendapatkan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk mempercepat pembangunan. Tol ini rangkaian dari Jalan Tol Trans Suamtera (JTTS). (Instagram: Kemenpupr)

- Salah satu pihak pengembang mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Hutama Karya mendapatkan penambahan dana dari Pemerintah Pusat.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menyampaikan, bahwa Hutama Karya mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Perihal penambahan PMN untuk Hutama Karya ini telah disetujui oleh Pemerintah melalui UU Nomor 19 Tahun 2023 Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

Baca Juga: Tegak Berdiri Nyaris 100 Meter, Mega Proyek Terbaru Senilai Rp1,2 Triliun di Gorontalo ini Jadi yang Tertinggi di Indonesia? Rampung Tahun 2024 ini

Adapun UU tersebut diterbitkan pada tanggal 16 Oktober 2023 dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2023 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2024.

Terkait besaran dana penyertaan modal negara yang diterima Hutama Karya, Pemerintah Pusat mengguyur PMN senilai Rp 18,6 triliun.

Dana penyertaan modal negara tersebut akan digunakan untuk mengakselerasi pembangunan jalan tol di Sumatera khususnya penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera tahap I.

Baca Juga: Sah! Tol Pertama Jambi Tidak Berhenti di Perbatasan, Terus Lanjut sampai Ibu Kota Provinsi: Rampung Awal Tahun 2025

Tidak hanya itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk melanjutkan pengusahaan pembangunan salah satu ruas Jalan Tol Trans Sumatera tahap II.

Lebih lanjut, pihak Hutama Karya menjelaskan bahwa sebesar Rp5,17 triliun akan digunakan untuk mempercepat penyelesaian pembangunan sejumlah tol, salah satunya Jalan Tol Padang Sicincin di Sumatera Barat.

Jalan Tol Padang Sicincin ini sendiri akan dibangun dengan panjang lintasan total mencapai 37 kilometer.

Baca Juga: Diluar Nalar! Jalan Tol Penghubung Sumatera Selatan-Lampung Menjadi yang Paling Ramai, Hampir Setengah Juta Kendaraan Melintas Kurang dari 2 Pekan

Oleh pihak pengembang, Jalan Tol Padang Sicincin ini ditargetkan rampung di bulan Juli tahun 2024.

Lebih rincinya Rp5,17 triliun dana penyertaan modal negara tersebut akan digunakan untuk penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera tahap I, antara lain:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat