bdadinfo.com

Jokowi Tidak Bisa Berbuat Apa-Apa! 2030 IKN Baru Terbebas dari Tambang Ilegal yang Saat Ini Masih Melilit Wajah Ibu Kota Baru Indonesia - News

banyak bekas lubang tambang yang pemulihannya dibebankan oleh pemilik konsesi, akan dikembangkan menjadi kawasan agrowisata. Pemulihan lahan pascatambang di sekitar lokasi ibu kota negara (IKN) jadi prioritas pemerintah pusat.

Kalimantan Timur adalah sebuah provinsi di pulau Kalimantan, Indonesia.

Luas total Kalimantan Timur adalah 127.346,92 km². Populasi provinsi ini pada 2020 sebanyak 3.941.766 jiwa, dan pada akhir 2023 sebanyak 4.007.736 jiwa.

Kalimantan Timur merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah ke empat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Samarinda.

Provinsi Kalimantan Timur sebelum dimekarkan menjadi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua, dengan luas 194.489 km persegi yang hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Baca Juga: Mantap! Kembali Dioperasikan 3 Pabrik Tebu Terbesar dan Dikenal di Musim Penggilingan Dimulai Mei 2024, Lokasinya di Jawa Barat!

Kalimantan Timur berbatasan dengan Sarawak (Malaysia Timur), kemudian Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.

Diketahui, banyak bekas lubang tambang yang pemulihannya dibebankan oleh pemilik konsesi, akan dikembangkan menjadi kawasan agrowisata.

Pemulihan lahan pascatambang di sekitar lokasi ibu kota negara (IKN) jadi prioritas pemerintah pusat.

Konsentrasi pemulihan difokuskan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Luas lahan yang akan direkonstruksi mencapai 1.400 hektare.

Baca Juga: Tol Bayung Lencir Tempino di Jambi Melesat! Target Operasional Awal 2025, Angin Segar Bagi Pengendara yang Ingin Lintas Antar Provinsi

Agenda itu dikomandoi langsung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Pada tahapan awal pemindahan IKN ke Kaltim, target keseluruhan revitalisasi dan pemulihan pascatambang di Kukar sebanyak 32 izin.

Ada fakta penting dari lokasi ibu kota negara yang ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Kawasan sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara (kemungkinan besar di lahan PT ITCI Kartika Utama) ternyata dikelilingi izin pertambangan batu bara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat