bdadinfo.com

Siap Uji Coba! Kalimantan Timur Segera Miliki Kereta Api Tanpa Rel IKN Bakal Jadi Terpanjang Buatan China Inilah demi Atasi Kemacetan Parah - News

KA tanpa Rel IKN, Kaltim (Freepik)

- Proyek strategis nasional IKN dalam tahap berkelanjutan yang rencananya akan dilakukan uji coba Kereta tanpa Rel IKN di Kalimantan Timur

Pembangunan Kereta Api Tanpa Rel di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN yang masuk dalam tahap I dipastikan telah siap beroperasi April 2024.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yudha Mediawan menyatakan bahwa upaya untuk menggunakan produk lokal tengah dikebut oleh Kementerian PUPR.

Baca Juga: Sejumlah Aset Raib, Kantor Camat Sutera di Pesisir Selatan Dibobol Maling

Pasalnya Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kec. Sepaku, Kab. Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, berlanjut ke Tahap II.

Rencananya akan dilakukan uji coba di suatu lokasi pada jalan Sumbu Kebangsaan Barat IKN yang memiliki panjang 5km. 

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga menyatakan, hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN.

Baca Juga: Dinilai Tak Layak Digunakan, Jembatan Luhung Pasar Baru Pesisir Selatan Ditutup

Tahap 1 telah mencapai 62,65 persen dan seluruh kegiatan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan (on schedule). 

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan," tutur Danis.

Danis memberikan keterangan resmi, tidak menjelaskan secara pasti kapan tepatnya uji coba akan dilakukan. 

Baca Juga: Netizen Protes! Provinisi Baru Sumatera Tengah Cuma Akalan-akalan Busuk Belaka! Inilah Sosok Pendirinya yang Berasal dari Kabupaten Dharmasraya

Namun Danis memastikan satu lokasi tengah dipersiapkan untuk menggelar proses uji coba ART yakni di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat. 

Sebabnya progres pembangunan proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di IKN itu sendiri tercatat sudah rampung sepenuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat