bdadinfo.com

Mantap! Kembali Dioperasikan 3 Pabrik Tebu Terbesar dan Dikenal di Musim Penggilingan Dimulai Mei 2024, Lokasinya di Jawa Barat! - News

Pabrik Tebu, Cirebon  (Freepik)

- Jelang usainya libur panjang puasa Ramadhan dan lebaran Idul Fitri sebulan kedepan 3 Pabrik Tebu terbesar di Cirebon, Jawa Barat dibuka kembali. 

Musim giling tebu tahun 2024 di wilayah kerja PT PG Rajawali II akan segera dimulai dan diperkirakan produksi gula dapat dimulai pertengahan Mei 2024.

Hal tersebut seperti dikatakan oleh Sekretaris Corporate PT PG Rajawali II, Karpo B. Nursi kepada awak media di kantornya hari ini pada Kamis 25 April. 

Baca Juga: Pemkab Agam Gerak Cepat Bersihkan Longsor untuk Pulihkan Akses Jalan

"Di awal minggu ke 2 bulan Mei atau sampai minggu ke 3, tergantung kesiapan pabrik," ujar Karpo. 

Karpo mengatakan bahwa saat ini ada 3 pabrik gula yang siap berproduksi kembali. 

Pabrik yang akan berproduksi kembali meliputi 3 Pabrik yakni PG Tersana Baru, PG Sindanglaut dan PG Jatitujuh untuk menggiling tebu petani.

Baca Juga: Dahsyatnya! BI Rate Memuncak, Khawatir Beban Biaya Hasil Proyek Pertambangan Batu Bara Megah Kian Mematikan Indonesia

Pasalnya saat ini, luas lahan tebu yang ada disekitar 3 pabrik tersebut luasnya mencapai 18 ribu hektare.

"Ditargetkan bisa menghasilkan sebanyak 86 ribu ton gula dari 1,2 juta ton tebu, dengan rendemen sebesar 7,5 persen," tutur Karpo. 

Dengan jumlah tersebut belum termasuk bila mendapatkan penugasan Pemerintah.

Baca Juga: Seluas 1.559 Hektare! Progres Konstruksi Pembangunan Bendungan Megah dan Baru Bakal Penuhi Kehidupan Lahan Irigasi Pertanian di NTB

Karso menjelaskan, di wilayah Jawa Barat sendiri kebutuhan gula pertahun mencapai sebanyak 600 ribu ton.

"Kita hanya mampu memproduksi 20 persen, maksimal. Sehingga masih jauh," tandas Karpo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat