bdadinfo.com

Baru Disahkan Jokowi! Pabrik Terbesar di Indonesia demi Menciptakan Hasil Kebutuhan Pokok Bakal Miliki Mutu Terjamin, Lokasinya? - News

Pabrik Ammonium Nitrat, Kaltim (Pexels)

- Belum lama ini salah satu pembangunan di Ibu Kota Nusantara yang berlokasi di Kalimantan Timur mulai ada titik terangnya.

Proyek IKN yang telah dikerjakan dari tahun 2023 dan baru saja diresmikan oleh presiden Jokowi adalah Pabrik Ammonium Nitrat di Bontang, Kaltim pada Kamis, 29 Februari 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyatakan bahwa kebijakan hilirisasi sumber daya alam telah menjadikan Indonesia sebagai negara yang mandiri. 

Baca Juga: Kalimantan Timur Semakin Mendunia, Pembangunan Bank dan Swasta Terluas: Ciptakan IKN Serba Jadi City Smart?

Adapun saat ini, perusahaan pupuk Indonesia yang masuk dalam enam besar di dunia.

"Dari total 560 ribu (metrik ton) itu, memang kurang lebih sekarang di dalam negeri sudah memproduksi hampir 300 ribu lebih dan sisanya masih impor," ucap Erick melalui keterangan di Jakarta pada Kamis 29 Februari 2024.

"Dengan pabrik ini, bisa mengurangi 21 persen, belum lagi turunan dari asam nitrat yang bisa dikembangkan untuk industri pertahanan dan industri pupuk," sambungnya.

Baca Juga: Megahnya Jembatan Terpanjang di Aceh Ini Bisa Pangkas Waktu Perjalanan hingga 3 Jam, Sudah Tahu?

Erick juga menyebutkan perusahaan pupuk harus menjadi perusahaan yang petrochemical dalam hal ini disinergikan dengan Pertamina.

Adapun downstream dari petrochemical tersebut yang akan dirasakan secara menyeluruh untuk bangsa dan negara.

Pabrik Amonium Nitrat ini merupakan proyek bersama dari anak perusahaan PT Dahana, PT Dahana Investama Corp (PT DIC) dengan PT Pupuk Kaltim.

Baca Juga: Lakukan Kampanye untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Arab Saudi Janjikan Beberapa Manfaat Ini

Oleh karena itu, Pupuk Kaltim yang pembangunannya dilaksanakan oleh PT Kaltim Amonium Nitrat sejak tahun 2020. 

Selain itu, untuk pelaksanaan pembangunan juga didukung oleh kolaborasi Wika-Sedin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat