bdadinfo.com

DPR Minta Pemerintah Segera Selesaikan Pembayaran Lahan Tol Pekanbaru-Padang - News

Anggota Komisi II DPR RI Arsyadjuliandi Rachman (www.dpr.go.id)

 - Anggota Komisi II DPR RI Arsyadjuliandi Rachman meminta agar pemerintah melakukan penyelesaian pembayaran tanah masyarakat untuk Proyek Strategis Nasional (PSN), khususnya pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Padang bisa segera diselesaikan.

Arsyad mengatakan hal ini guna memberikan kejelasan terhadap status pembebasan lahan yang akan digunakan sebagai PSN.

“Misalnya mempercepat penyelesaian pembayaran tanah masyarakat. Jadi biar sejalan, Kementerian ATR BPN menyelesaikan tugasnya, dan langsung seharusnya yang bertanggung jawab terhadap pembayaran tanah ini juga segera untuk melakukan,"  kata Arsyad saat ditemui usai Rapat Kerja dengan Kanwil BPN Riau, di Pekanbaru, Riau, Selasa, 23 April 2024.

Baca Juga: Sah! Tol Pertama Jambi Tidak Berhenti di Perbatasan, Terus Lanjut sampai Ibu Kota Provinsi: Rampung Awal Tahun 2025

"Jadi sehingga keresahan yang ada di masyarakat bisa diatasi segera. Jadi ada kejelasan yang diharapkan oleh masyarakat untuk proses pembebasan lahan mereka,” tambah dia.

Politisi Fraksi Partai Golkar ini juga menjelaskan upaya penyelesaian masalah pembebasan lahan ini harus didukung oleh seluruh stakeholder yang terlibat.

Menurut dia, Kementerian ATR BPN sendiri sudah cukup fokus dalam proses pembebasan lahan untuk jalan tol yang akan menghubungkan Riau hingga hingga ruas tol Pangkalan-Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) tersebut.

Baca Juga: Tol Jambi Semakin Panjang, Triliunan Dana Dikucurkan Demi JTTS Membentang Cantik: PUPR Siap Operasikan di Awal Tahun 2025!

“Jadi sebetulnya dari yang kita pantau, dari Kementerian ATR BPN yang ada di daerah, yaitu seperti Kepala Kantor dan Kanwilnya, ini sangat serius untuk menyelesaikan pembebasan lahan untuk proyek strategi nasional, khususnya misalnya seperti pembebasan untuk jalan tol," ucap dia.

"Nah dan sekarang tentu ini harus diimbangi dengan kesiapan stakeholder lainnya untuk mendukung ini,” terang Legislator Dapil Riau I itu.

Sebelumnya, pada Februari lalu, Pemerintah Provinsi Riau, telah melakukan rapat bersama pihak pengelola jalan Tol Pekanbaru-Padang.

Saat itu, Riau dilibatkan dalam pembebasan lahan di wilayah Kabupaten Kampar. Dalam rapat itu juga dibahas penyelesaian pembangunan jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, Riau. 

Ruas tol ini, kata dia, akan tersambung hingga ruas tol Pangkalan-Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan menyebut lahan yang berada di wilayah Riau berada di Kabupaten Kampar. Panjangnya ruas jalan di sana, kata dia, mencapai 10 kilometer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat