bdadinfo.com

Menapaki Jejak! 5 Jalan Terpanjang di Sumatera Utara: Kisah Kabupaten Deli Serdang sebagai Pemimpin Infrastruktur - News

5 Jalan Terpanjang di Sumatera Utara (Freepik.com/@4045)

- Sumatera Utara (Sumut), salah satu provinsi terbesar di Indonesia, tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan infrastruktur jalan yang luas dan berkualitas.

Jaringan jalan yang baik menjadi tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antarwilayah di Sumatera Utara.

Baca Juga: 3.457 KPM di Kecamatan Lubuk Begalung Terima Bansos Sembako dari Wako Padang Hendri Septa

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), total panjang jalan di provinsi ini diperkirakan mencapai lebih dari 41.000 kilometer pada tahun 2024.

Namun, dari sekian banyak kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara, mana yang memiliki jalan terpanjang? Mari kita telusuri bersama.

5. Langkat

Baca Juga: Jalan Pansela Dipercantik Tahun Ini, Jawa Timur Dapat Bagian Rp97 Miliar

Di Sumatera Utara, Kabupaten Langkat menempati peringkat kelima dalam hal jalan terpanjang. Pada tahun 2024, panjang jalan di kabupaten ini mencapai 1.815,81 kilometer.

4. Dairi

Kabupaten Dairi, yang terletak di Sumatera Utara, memiliki jalan terpanjang di peringkat keempat. Pada tahun 2024, panjang jalan di Kabupaten Dairi mencapai 1.816,20 kilometer.

3. Simalungun

Baca Juga: Jalan Pansela Dipercantik Tahun Ini, Jawa Timur Dapat Bagian Rp97 Miliar

Kabupaten Simalungun menempati urutan ketiga dalam daftar kabupaten dengan jalan terpanjang di Sumatera Utara. Pada tahun 2024, panjang total jalan di kabupaten ini mencapai 2.183,63 kilometer.

2. Mandailing Natal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat