bdadinfo.com

Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Selesai Juli 2024 oleh Kementerian PUPR, Pembebasan Lahannya Kok Masih Belum 100 Persen Juga? - News

Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Selesai dan Fungsional Juli 2024, Pembebasan Lahannya Kok Masih Belum 100 Persen Juga? (bpjt.pu.go.id)

– Salah satu koridor pendukung yang ditargetkan akan berjalan pada tahun 2024 ini adalah mega proyek jalan tol yang ada di Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau.

Menurut berita dari Kementerian PUPR, jalan tol Padang-Sicincin ditargetkan untuk selesai dan fungsional pada Juli 2024 ini.

Kendati sudah di depan mata, masalah pembebasan lahan hingga kini belum juga 100 persen.

Baca Juga: Wow! Berkat Jalan Tol Ini 3 Provinsi Bakal Terkoneksi Sekaligus, Riau Siap Didapuk Jadi Episentrum Pulau Sumatera? 

Sebagai informasi, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang direncanakan dibangun dari Lampung hingga ke Aceh dikenal memiliki kegunaan yang enggak main-main.

JTTS dibangun demi kelancaran transportasi darat di Pulau Sumatera, terutama juga demi perkembangan ekonomi.

Berkat adanya jalan tol maka waktu perjalanan akan dipersingkat, sehingga pengguna jalan tol akan lebih cepat untuk sampai tujuan.

Baca Juga: Tol yang Hubungkan Sumatera Selatan dan Jambi Tuntas Juni 2024, Progres Sudah Signifikan: Harus Segera Rampungkan Sisa PR Ini Agar Target Tak Meleset 

Untuk targetnya sendiri JTTS diperkirakan memiliki total panjang lintasan mencapai 2.749 km.

Panjang lintasan tersebut masih dibagi lagi menjadi koridor utama dan koridor pendukung.

Untuk koridor utamanya, panjang lintasannya mencapai 1.889 km dan untuk koridor pendukungnya yakni sepanjang 860 km.

Baca Juga: 2 Jalan Tol Fungsional Paling Primadona Bagi Warga Sumatera, Salah Satunya Hubungkan Riau dengan Sumbar: Segini Jumlah Kendaraan yang Melintas

Seperti yang disinggung sebelumnya, saat ini Sumbar tengah berfokus pada pengerjaan tol Padang-Pekanbaru Seksi 1 Padang-Sicincin.

Jalan tol yang menjadi bagian dari tol Padang-Pekanbaru Seksi 1 tersebut memiliki panjang lintasan mencapai 36,6 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat