bdadinfo.com

Jawa Timur Bangun Jalan Tol yang Terhubung ke Tol Trans Jawa, Nyambung ke Jalur Pansela Sampai ke Wilayah Mojokerto: Titik Terjauhnya di Wilayah Ini - News

Jawa Timur Bangun Jalan Tol yang Terhubung ke Tol Trans Jawa, Nyambung ke Jalur Pansela Sampai ke Wilayah Mojokerto: Titik Terjauhnya di Wilayah Ini (binamarga.pu.go.id)

– Demi semakin melancarkan konektivitas antarwilayah, Kementerian PUPR bersama dengan seluruh mitra kerja dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya membangun jalan tol di ruas-ruas terbarunya.

Salah satunya adalah jalan tol baru yang akan dibangun di Jawa Timur yaitu tol Kediri – Tulungagung yang nantinya akan terhubung dengan Tol Trans Jawa.

Jalan tol ini sekaligus juga akan terus nyambung dengan jalur Pansela sampai ke wilayah Mojokerto.

Baca Juga: Ada Konektivitas Jalan Tol Baru di Jawa Timur! Bakal Terintegrasi dengan Trans Jawa dan Jalan Pansela hingga ke Kediri: Telan Biaya Rp9,92 Triliun 

Berdasarkan Surat Menteri nomor PB 0201-Mn/2954 tanggal 14 Desember 2023, ditetapkan pemenang lelang pengusahaan Jalan Tol Kediri – Tulungagung sepanjang 44,17 Km yang diprakarsai oleh PT Gudang Garam (Tbk).

Gudang Garam sebagai pemrakarsa kemudian membentuk dan mendiri BUJT bernama PT Surya Sapta Agung Tol pada 12 Februari 2024 lalu.

Dengan terlaksananya proyek jalan tol ini akan mempercepat konektivitas di salah satu ruas Jawa Timur.

Baca Juga: Wow! Mega Proyek Jembatan Termegah di Yogyakarta Ternyata Bukan Sembarang Infrastruktur, Didesain Khusus untuk Mitigasi Bencana

Pasalnya, jalan tol Kediri – Tulungagung ini akan terhubung dengan jalan Tol Trans Jawa juga dengan jalan nasional Pansela.

Jalan tol tersebut akan terus tersambung sampai ke Mojokerto hingga ke Kediri.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Miftachul Munir, mengatakan bahwa pembangunan jalan tol Kediri – Tulungagung yang berada di Provinsi Jawa Timur menghubungkan Kota dan Kabupaten Kediri dengan Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga: Lokasinya di Jantung Sumatera! Bakal Dibangun Tol Penghubung Antarprovinsi yang Strategis dengan Segudang Keuntungan, Kota Ini Siap Jadi Episentrum 

"Terkait lingkup pengusahaan Jalan Tol Kediri – Tulungagung adalah melaksanakan kegiatan pendanaan termasuk pendanaan pengadaan tanah, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan untuk keseluruhan Jalan Tol," ujar Munir.

Diketahui, Jalan Tol Kediri – Tulungagung terdiri dari Akses Tol Bandara Dhoho sepanjang 6,82 Km dan Main Road (Seksi 1 + Seksi 2) Kediri – Tulungagung sepanjang 37,35 Km (termasuk Jalan Akses).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat