bdadinfo.com

Wow! Mega Proyek Jembatan Termegah di Yogyakarta Ternyata Bukan Sembarang Infrastruktur, Didesain Khusus untuk Mitigasi Bencana - News

Mega Proyek Jembatan Termegah di Yogyakarta Ternyata Bukan Sembarang Infrastruktur, Didesain Khusus untuk Mitigasi Bencana (dpu.kulonprogokab.go.id)

Yogyakarta sedang mengebut pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

Salah satunya adalah pembangunan mega proyek jembatan termegah. Usut punya usut, infrastruktur tersebut ternyata bukan sembarang jembatan.

Jembatan yang diberi nama Pandansimo tersebut juga telah didesain khusus untuk mengakomodasi mitigasi risiko terhadap bencana.

Baca Juga: Lokasinya di Jantung Sumatera! Bakal Dibangun Tol Penghubung Antarprovinsi yang Strategis dengan Segudang Keuntungan, Kota Ini Siap Jadi Episentrum 

Untuk itu, jembatan tersebut bakal menggunakan teknologi LRB (lead rubber bearing) dalam konstruksinya untuk mengakomodir pergerakan selama gempa.

Alat khusus tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi gempa.

Secara struktur, alat tersebut juga sudah dicek keamanannya terhadap gempa.

Baca Juga: Sumbar dan Jambi Kok Malah Ikut Menantikan Ketuntasan Tol Riau Ruas Rengat - Pekanbaru Seksi Ini, Ada Apa dengan Sumatera Barat?

Mengingat lokasi jembatan tersebut yang dekat dengan laut, dikhawatirkan akan ada ancaman berupa gempa dan tsunami.

Kendati demikian, pembangunan jembatan tersebut sudah dikonstruksikan elevated.

Hal ini agar jembatannya lebih aman terhadap tsunami, sementara itu untuk mengantisipasi terjadinya gempa, jembatan dibangun dengan memperhatikan lokasi yang sudah agak jauh dari patahan.

Baca Juga: Tol Yogyakarta Bawen Seksi 1 Segera Rampung! Tak Hanya Pangkas Waktu Tempuh Semarang-DIY Jadi 1,5 Jam, Perjalanan Jogja ke Borobudur Juga Makin Dekat 

Selain itu alat pendeteksi gempa juga bakal dibenamkan pada jembatan tersebut.

Sebagai informasi, kawasan Pantai Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta secara umum berada di zona megathrust selatan Jawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat