bdadinfo.com

Waduk Bersejarah! Jawa Timur Ternyata Miliki Bangunan Bendungan Tertua di Kabupaten ini: Udah Berusia Melebihi Manusia? - News

Waduk Prijetan, Jatim (Freepik)

- Pembangunan Waduk Prijetan yang sudah dibangun pada 1910 berlokasi di Lamongan, Jawa Timur.

Daerah Lamongan, Jawa Timur ternyata memiliki peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih difungsikan oleh masyarakat. 

Waduk Prijetan yang berlokasi di Desa Mlati, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 

Baca Juga: Catat dan Ingat, Inilah Daftar Tarif Tol Untuk Arus Balik Lebaran 2024 Beserta Jadwal dan Lokasi, Ada Diskon 20 Persen yang Melintasi Jalan Tol.

Adanya daerah yang dialiri oleh waduk ini terdiri dari 3 kecamatan yakni Kecamatan Kedungpring, Kec. Sugio dan Kec. Modo.

Direktori Pariwisata RI, Pemerintah Hindia Belanda membangun bangunan dengan panjang sekitar 460m bersama dengan tujuh waduk lainnya.

Dulunya waduk yang berkapasitas 12 meter kubik itu disebut sebagai Waduk Krekah. 

Baca Juga: Rekomendasi Wisata dan Kuliner Legendaris di Sumatera Selatan, Cuma 10 Menit dari Gerbang Tol Palembang-Indralaya: Murah Meriah Mulai dari Rp4 Ribuan!

Saat ini Waduk Prijetan masih digunakan untuk mengairi sawah seluas 4.513 hektare sehingga masih bermanfaat bagi masyarakat.

Pembangunan Waduk Prijetan dilakukan oleh JF A Dligoor sebelum waduk ini dibangun pada musim hujan debit air Sungai Prijetan. 

Pada musim hujan debit air Sungai Prijetan. sangat tinggi sehingga menyebabkan banjir di sekitar daerah Lamongan.

Baca Juga: Andre Rosiade Tinjau Tol Trans Jawa Km 70, Cek Arus Balik Lebaran

Sementara saat musim kemarau, debit air Sungai Prijetan menjadi sangat rendah. 

Sehingga sungai tidak dapat digunakan untuk mengairi lahan pertanian dan mengalami kekeringan namun proyek ini sangat bermanfaat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat