bdadinfo.com

Tak Hanya Kereta dan Jalan Tol! Kalimantan Timur Segera Dibangun Bendungan Terbesar di Kabupaten Kutai Kartanegara Bakal Koneksikan ke IKN? - News

Bendungan Marangkayu, Kaltim (Freepik)

- Konstruksi mega proyek di Kabupaten Kutai Kartanegara sedang dikucurkan banyaknya pembangunan terutama Bendungan terbesar.

Bendungan terbesar inilah yang akan dibangun demi meningkatkan sektor pangan di lingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara yakni Bendungan Marangkayu.

Gubernur, Isran Noor dan Wagub, Hadi Mulyadi sangat menyadari pangan merupakan kebutuhan penting yang sudah pasti sangat diperlukan masyarakat. 

Baca Juga: Progres Pembangunan Istana dan Kantor Presiden IKN Siap Diperkirakan Selesai Juli 2024, Presiden Jokowi Akan Pindahkan Kantor Setelah Pembangunan Sele

Pangan ialah kebutuhan primer atau utama, belum lagi dampak imigrasi penduduk menyusul pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim. 

Langkah nyata yang dilakukan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi melalui instansi teknis terkait Dinas PUPR dan Pera Kaltim. 

“Sampai kapanpun pangan akan selalu dibutuhkan. Karenanya, kita juga harus siapkan infrastruktur pertanian yang baik,” 

Baca Juga: Proyek Tol Jogja-Bawen Seksi 1 di Sleman Capai 60 Persen Progres, Penghubung dengan Tol Jogja-Solo Diperkirakan Selesai Tahun Depan

“Terlebih Kaltim sudah dipilih menjadi IKN,” tutur Gubernur Isran Noor dalam beberapa kali kesempatan.

Kepala Dinas PUPR dan Pera Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda menjelaskan sejak awal RPJMD 2018-2023. 

Hingga tahun terakhir kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi, Pemprov Kaltim sudah membangun bendungan dan jaringan irigasi.

Baca Juga: Sangar! Jalan Tol Kebanggaan Provinsi Riau ini Catatkan Hampir 20 Ribu Kendaraan Melintas Dalam 1 Hari: Jadi Salah Satu Andalan Pulau Sumatera

“Kita bangun bendungan dan irigasi untuk menyiapkan ketersediaan air di lahan-lahan pertanian,”

“terutama di areal-areal persawahan,” ujar Nanda, sapaan akrabnya pada Jumat 24 April 2024. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat