bdadinfo.com

Asyik! 3 Seksi Jalan Tol Terbaru Kalimantan Timur ini Sudah Masuki Tahap Akhir Pembangunan: Agustus 2024 Siap Beroperasi - News

Ilustrasi pembangunan 3 (tiga) seksi jalan tol rangkaian Jalan Tol IKN di Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang ditargetkan dapat beroperasi di bulan Agustus 2024. (Dok: PUPR Jalan Kaltim)

- Pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah di Indonesia terus menunjukkan perkembangan positif.

Sederet pembangunan seperti jalan nasional, bendungan, jalan tol dan infrastruktur lain terus digesa oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Salah satu diantaranya adalah pembangunan jalan tol terbaru yang akan hadir di Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga: Bikin Melongo! Ternyata Indonesia Punya 4 Jembatan Antar Pulau yang Panjangnya Berkilo-Kilometer: 2 di Antaranya Ada di Sumatera 

Sebagaimana yang diketahui, Provinsi Kalimantan Timur menjadi salah satu daerah yang paling banyak berbenah dalam pembangunan daerah.

Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari pengembangan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Diketahui, pembangunan infrastruktur jalan penghubung menuju kawasan Ibu Kota Nusantara ini telah memasuki tahap akhir pembangunan.

Baca Juga: Kencang! Jalan Tol Sepanjang 25 Km di Provinsi Sumatera Utara ini Bisa Dipakai Ngebut Ratusan Km Per Jam: Lewat Sini Masih Gratis

Jaringan jalan tol dan non tol dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Sepaku Penajam Paser Utara Kalimantan Timur ini terus dipercepat.

Percepatan tersebut dilakukan guna mengejar pelaksanaan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus tahun 2024.

Tercatat, terdapat 3 (tiga) seksi jalan tol yang pembangunan fisiknya telah memasuki tahap akhir konstruksi fisik.

Baca Juga: Dilintasi 6 Ribu Kendaraan Per Hari, Sumatera Utara Akhirnya Tetapkan Tarif Melintas Tol Terbaru yang Paling Laris Manis Favorit Masyarakat

Adapun ketiga jalan tol terbaru yang siap dioperasikan di bulan Agustus tersebut merupakan jaringan Jalan Tol IKN, di antaranya sebagai berikut:

Seksi 3A yaitu pada segmen Karang Joang – KKT Kariangau mencapai progress 80,2 persen, dan jaringan jalan tol seksi 3B pada segmen KKT Kariangau – SP. Tempadung sebesar 88,8 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat