bdadinfo.com

Bendungan Sepaku Semoi: Pembangunan Infrastruktur IKN Pertama yang Tuntas, Siap Pasok Air Baku dan Jadi Destinasi Wisata Baru di Kalimantan Timur! - News

Pembangunan Infrastruktur IKN Pertama yang Tuntas (Pixabay.com/@n-K)

- Indonesia terus bergerak maju dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), di mana satu per satu proyek infrastruktur berhasil diselesaikan.

Salah satu yang menonjol adalah Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, yang menjadi infrastruktur pertama yang tuntas dibangun.

Bendungan ini akan memasok air baku sebesar 2.000 liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik untuk Kota Balikpapan.

Baca Juga: PLN Sumbar Siap Kawal Pasokan Listrik Idul Adha 1445H

Dibangun pada periode 2020-2024, Bendungan Sepaku Semoi baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 4 Juni 2024.

Selain fungsi utamanya, bendungan ini juga diharapkan menjadi destinasi wisata baru bagi warga Kalimantan Timur.

Kawasan sekitar bendungan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti anjungan, menara pandang, plaza, ruang pertemuan, mushola, taman, toilet, serta helipad.

Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Uji Kompetensi Bab 4 Matematika Kelas 8 Halaman 204-206 Kurikulum Merdeka

Bendungan Sepaku Semoi dirancang dengan kapasitas tampung 16 juta meter kubik dan luas genangan 323 hektar.

Selain sebagai penyedia air baku, bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir, khususnya di daerah hilir yang sering mengalami masalah ini.

Bendungan ini juga diharapkan bisa menjadi sumber daya listrik dengan rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung berkapasitas 100 megawatt (MW).

Baca Juga: Rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 948 Pohon Ditanam di 30 Sekolah Padang Panjang

Proyek bendungan yang menghabiskan investasi sebesar Rp 836 miliar ini telah selesai dibangun dan mulai dilakukan pengisian air atau impounding sejak tahun lalu.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora sebagai konsultan supervisi proyek berharap ketersediaan air di IKN bisa terjamin berkat bendungan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat