bdadinfo.com

Dampak Nyata Mega Proyek IKN Mulai Terasa di Kalimantan Timur, Kota Pendukung Kebagian Durian Runtuh Nggak Ada Habisnya! - News

Hadirnya mega proyek Ibu Kota Nusantrara di Kalimantan Timur memberikan banyak dampak positif terhadap daerah-daerahh di sekitarnya. (Instagram: Kemenpupr)

- Pembangunan mega proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terus berlangsung hingga pertengahan tahun 2024 ini.

Sejumlah infrastruktur di IKN terus digesa pembangunannya oleh pihak terkait, tidak terkecuali pembangunan Jalan Tol IKN.

Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur ini juga berdampak pada kota pendukung.

Baca Juga: Kondisi Apa Adanya Butuh Verifikasi, Stadion Utama Sumatera Barat Bakal Jadi Kandang Untuk Liga 1 Musim 2024-2025?

Beberapa daerah di sekitar IKN mulai merasakan dampak positif dari hadirnya ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Salah satu yang paling terdampak adalah tingkat ketersediaan hotel dan penginapan di Provinsi Kalimantan Timur.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur menunjukkan tingkat penyewaan kamar hotel berbintang di Kaltim menjadi yang tertinggi kedua se-Indonesia sebesar 54,8 persen.

Baca Juga: Stadion Utama Sumatera Barat Bakal Dilanjutkan, Desain Tribun Gantung Memanjakan Mata: Butuh Rp1 Triliun sampai Rampung?

Kalimantan Timur hanya berada di bawah Provinsi Bali pada data yang merujuk bulan April hingga Mei tahun 2024.

Kepadatan tingkat hunian hotel di Kalimantan Timur sendiri disebutkan dipengaruhi oleh kunjungan dan aktivitas yang berkaitan dengan pembangunan IKN.

Permintaan akomodasi di Kalimantan Timur sendiri diprediksi akan semakin padat menjelang Upacara 17 Agustus 2024 di IKN yang diperkirakan menghadirkan sekitar 6.000 tamu dan undangan.

Baca Juga: Terus Dikebut, Tol Baru Kalimantan Timur Bakal Sambungkan Balikpapan-IKN Sepanjang 82 Km Jadi 45 Menit Saja: Rampung Desember 2024!

Terhitung 48 unit hotel berbintang di Kota Balikpapan telah dipesan untuk Upacara 17 Agustus dan beberapa agenda nasional lainnya yang digelar di Kalimantan Timur pada tahun 2024 ini.

Diketahui menjelang Upacara 17 Agustus hampir seluruhnya hotel bintang 3, 4, dan 5 itu yang ada di Balikpapan sudah penuh semuanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat