bdadinfo.com

Terus Dikebut, Tol Baru Kalimantan Timur Bakal Sambungkan Balikpapan-IKN Sepanjang 82 Km Jadi 45 Menit Saja: Rampung Desember 2024! - News

Pembangunan jalan tol terbaru di Kalimantan Timur ini akan rampung pada desember 2024. Nantinya jalan penghubung ini dapat mengkoneksikan Balikpapan dan IKN hanya dalam 45 menit saja. (Dok: Kemenpupr)

- Pembangunan infrastruktur di Indonesia terus berjalan hingga pertengahan tahun 2024 ini.

Sederet pembangunan infrastruktur dilaksanakan di berbagai daerah di hampir seluruh kawasan Indonesia.

Berbagai pembangunan mega proyek seperti Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terus didorong konstruksinya.

Baca Juga: Percepat Progres 12 Proyek PON, Aceh Siap Rampungkan Stadion Harapan Bangsa Jadi Kelas Eropa: Konstruksinya Sudah 57 Persen!

Berbicara mengenai pembangunan di Provinsi Kalimantan Timur, daerah yang beribukotakan Kota Samarinda ini juga terus melangsungkan pembangunan.

Salah satunya adalah pembangunan jalan tol yang nantinya akan mengkoneksikan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Ibu Kota Nusantara.

Diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengupayakan pembangunan jalan tol penghubung.

Baca Juga: Sudah Habis Rp587 Miliar, Stadion Utama Sumatera Utara yang Ditarget Rampung Juli 2024 Ternyata Progresnya Masih 54 Persen: Proyek Mangkrak? 

Nantinya, jalan tol penghubung tersebut dapat mempersingkat waktu dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman menuju ke IKN.

Bandar udara yang beralamatkan di di Jl. Marsma R. Iswahyudi, Sepinggan, Balikpapan tersebut saat ini butuh waktu 2 jam hingga 2 jam 30 menit untuk sampai ke IKN.

Namun, nantinya, melalui sebuah jalan penghubung yang direncanakan akan memiliki panjang total lintasan 82,6 km perjalanan hanya akan menjadi 45 menit saja. 

Baca Juga: Temui Bos JICA di Jakarta, PUPR Siap Bangun 56 Sabo Dam di Sumatera Barat Mulai Tahun 2024 ini: Jepang Sekalian Garap Tol Padang-Pekanbaru?

Pihak terkait menjelaskan, pada bulan Juli atau Agustus tahun 2024 ini, jalan penghubung tersebut sudah dapat beroperasi secara fungsional.

Meski beroperasi fungsional, jalan tol penghubung tersebut diprediksi akan mampu mempersingkat waktu perjalanan menjadi 70 menit dari Balikpapan menuju IKN atau sebaliknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat