bdadinfo.com

Bandara Terbaru Kalimantan Timur Sudah Masuki Tahap Pengaspalan, Airport Megah Siap Hadir di Kaltim 1 Agustus 2024 Nanti: Siap Nyoba Terbang? - News

Ilustrasi pengaspalan pada Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur yang dibangun megah. Ditargetkan Bandar udara ini dapat beroperasi pada 1 Agustus 2024. (Dok: Aeroclass)

- Pembangunan infrastruktur di Indonesia terus digalakkan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Salah satu proyek pembangunan yang paling menyita perhatian adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,  Kalimantan Timur.

Sejumlah pembangunan infrastruktur di IKN terus menjadi prioritas dari Pemerintah Pusat. Tak terkecuali pembangunan sebuah bandara baru di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Gusur Hampir 1000 Bidang Tanah, Proyek Jalan Penghubung Antar Tol di Provinsi Riau Siap Dirampungkan Segera: Malaysia Makin Dekat ke Sumatera Barat!

Bandar udara di IKN ini nantinya akan diberi nama Bandara Nusantara dan lokasinya sangat dekat dengan kawasan Ibu Kota Nusantara. Kurang lebih hanya sekitar 20 menit berkendara.

Diketahui, jumlah luas lahan Bandara Nusantara ini adalah 621 hektare yang diklaim seluruhnya telah berada dalam penguasaan sah Bank Tanah.

Terkait progres pembangunan Bandara Nusantara ini, bandara udara ini telah memasuki tahap konstruksi pengaspalan landasan pacu. 

Baca Juga: Lewati 5 Kelurahan di 2 Kecamatan, Jalan Pintas Antar Tol di Riau ini Serius Digarap Oleh Pemerintah Pusat: Konstruksinya Rampung Tahun 2024?

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sendiri beberapa waktu lalu datang lanjung meninjau pembangunan Bandara Nusantara ini. 

Menhub Budi menjelaskan, saat ini landas pacu Bandara Nusantara sudah memasuki tahap pengaspalan lapisan pertama.

Lebih lanjut, ia optimis Bandara Nusantara yang dibangun megah ini dapat dioperasikan pada 1 Agustus 2024 nanti.

Baca Juga: Asyik! Riau Baik Hati Bikin Jalan Pintas Sepanjang 13 Km, Dari Sumatera Barat Menyebrang ke Malaysia Lewat Jalur darat Jadi  Makin Cepat dan Mudah

Seiring dengan pengaspalan landasan pacu Bandara Nusantara secara lebih lanjut, kedepannya bandar udara ini sudah bisa dilandasi oleh pesawat berbadan lebar.

Sebagai pelengkap informasi, progres pekerjaan fisik Bandara Nusantara sampai dengan minggu ke-27 di tahun 2024 ini telah mencakup beberapa aspek, di antaranya: 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat