bdadinfo.com

Lewati 5 Kelurahan di 2 Kecamatan, Jalan Pintas Antar Tol di Riau ini Serius Digarap Oleh Pemerintah Pusat: Konstruksinya Rampung Tahun 2024? - News

Ilustrasi pembangunan proyek jalan tol penghubung Jalan Tol Dumai-Pekanbaru dengan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang di Provinsi  Riau. pemerintah serius mengkoneksikan rangkaian Jalan Tol Trans Sumetera (JTTS) lebih baik lagi. (Dok: Media Center Riau)

- Pemerintah Pusat diketahui memiliki rencana pembangunan jalan pintar antar tol di Provinsi Riau.

Proyek pembangunan jalan pintas antar tol ini nantinya akan mengkoneksikan 2 (dua) Gerbang Tol (GT) dari dua jalan tol rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang ada di Provinsi Riau.

Jalan pintas antar tol atau jalan penghubung ini direncanakan akan dibangun dengan panjang lintasan mencapai 13,5 km.

Baca Juga: Asyik! Riau Baik Hati Bikin Jalan Pintas Sepanjang 13 Km, Dari Sumatera Barat Menyebrang ke Malaysia Lewat Jalur darat Jadi  Makin Cepat dan Mudah

Jalan penghubung ini nantinya akan menghubungkan gerbang tol ruas Jalan Tol Pekanbaru Dumai dengan gerbang tol ruas Jalan Tol Pekanbaru Bangkinang.

Pemerintah Pusat dan juga Pemerintah Daerah Provinsi Riau diketahui sama-sama serius merealisasikan pembangunan proyek jalan penghubung ini.

Diketahui, jalan penghubung dua gerbang tol ini nantinya akan melintas di 5 (lima) kelurahan di 2 (dua) kecamatan.

Baca Juga: Mengharukan! Menteri PUPR Titip Proyek Tol Sumatera Barat ke Prabowo-Gibran Selama 5 Tahun Mendatang: Lanjutkan

Adapun diketahui proyek tersebut nantinya akan melintasi lima kelurahan di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Barat. 

Kelima kelurahan itu antara lain, Sri Meranti, Agrowisata, Rumbai Bukit, Palas, dan Muara Fajar Timur. 

Sebelumnya diberitakan pada tahun 2023 lalu, tanah untuk proyek jalan penghubung itu sudah dinilai oleh appraisal (tim independen penilai harga tanah). 

Baca Juga: Dapat Proyek Baru Bangun Jalan Layang Raksasa, Riau Gerak Cepat Mulai Proses Pembebasan Lahan: Target Tuntas Paling Cepat 2026!

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru disebutkan sedang dalam tahap musyawarah harga dengan para pemilik tanah.

Proyek pembangunan jalan tol penghubung dua gerbang tol ini nantinya akan digarap oleh PT. Hutama Karya (HK).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat