bdadinfo.com

Gagalnya IKN! Berduka Cita Ribuan Perumahan Diterjang Banjir Bandang Diduga Akibat Pembangunan Konstruksi Bendungan Pertama IKN Meluap Parah - News

Baru! Tragedi Banjir Bandang IKN  (Freepik)

- Baru saja banjir bandang menimpa di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang meluluh lantakkan ribuan perumahan. 

Terjadinya hujan deras di hulu Sungai Sepaku pada Jum'at 21 Juni 2024 diduga banjir bandang yang berada di Kampung Balik, Kecamatan Sepaku. 

Selain curah hujan yang sangat tinggi, proyek Bendungan Intake Sungai Sepaku Semoi munculnya luapan air di Pemukiman masyarakat terendam.

Baca Juga: Wuling Almaz RS Pro Hybrid SUV Bertenaga Galak yang Jarang Masuk Pom Bensin

Pengakuan dari salah seorang warga, Jakiyah menyampaikan bahwa keadaan yang terjadi akibat intensitas hujan tinggi sejak malam sampai dini hari memicu timbulnya banjir.

“Kalau hujannya mulai jam 20.00 Wita, jadi rumah masyarakat sudah ada yang terendam mulai jam 04.00 subuh,”

”yang terkena di daerah Kampung Balik, Sepaku Lokdam atau Kelurahan Sepaku Lama, Kecamatan Sepaku,” ujar Jakiyah. 

Baca Juga: Apa Kabar? Si Camat Cantik di Sumatera Barat yang Pamer Kecantikan di Pinggir Jalan Ala Citayam Fashion Week Dicopot dari Jabatannya?

Dikarenakan Jakiyah memberikan keterangan bahwa sekitar 80 rumah di RT 02 dan RT 03 di Kampung Balik terdampak banjir. 

“Ketinggiannya mungkin sekitar 2 meter kali ya kalau dari sawah itu,” tambah Jakiyah. 

Kini, sejumlah masyarakat masih berada di dalam rumah namun mencoba untuk menyelamatkan barang - barang ke area yang lebih terjamin. 

Baca Juga: Apa Kabar? Si Camat Cantik di Sumatera Barat yang Pamer Kecantikan di Pinggir Jalan Ala Citayam Fashion Week Dicopot dari Jabatannya?

“Sekarang warga masih ada yang di dalam rumah, karena ada yang sebagian rumahnya masuk air dan ada yang belum, mereka sedang mengungsikan barangnya ke tempat tetangganya,” tegas Warga. 

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga sudah mengeluarkan peringatan dini pada pukul 00.17 Wita dan 03.25 Wita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat