bdadinfo.com

Kota Bukittinggi Lenyap dari Peta Indonesia, Catat Ternyata Ada 6 Provinsi yang Hilang dari Peta Saat Ini, Apakah Ada Provinsi Kelahiranmu? - News

Bukittinggi menawarkan keindahan alam dengan liukan perbukitan hijau hingga pegunungan megah. Tak heran di masa lalu kota ini keindahannya disetarakan dengan Paris dan dijuluki Parijs van Sumatra yang hilang dari Peta Indonesia

- Banyak yang mengetahui bahwa ada 6 provinsi di Indonesia yang sudah hilang dari peta Nusantara yang pernah bagian dari sejarah kemerdekaan RI.

Melansir dari kanal youtube Leaming By Mapping mencatat ada 6 provinsi yang telah hilang dari peta Indonesia dan sejarah di balik perubahannya sebagai berikut:

1.Provinsi Sumatera

Sumatra adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km². Penduduk yang tinggal di pulau ini sekitar 57.940.351 jiwa (sensus 2018).

Baca Juga: Sejarah dan Manfaat Aplikasi Strava yang Belakangan Ini Sedang Viral di Media Sosial

Pulau ini dikenal pula dengan beragam nama yaitu Pulau Percha, Andalas, Bumi Melayu atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti "pulau emas").

Provinsi Sumatera adalah salah satu provinsi yang berdiri di awal kemerdekaan Indonesia dengan ibu kota di Bukittinggi.

Namun, pada tahun 1950, provinsi ini bubar karena terpecah menjadi tiga provinsi: Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan.

Baca Juga: Pencopotan Ketua KPU jadi Pelajaran Penting untuk Selalu Menjaga Kode Etik di Indonesia

Perpecahan ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi administrasi dan pemerintahan di pulau Sumatera yang luas.

Kota Bukittinggi adalah kota dengan perekonomian terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Sebagai enklave dari Kabupaten Agam, kota ini pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

Kota ini juga pernah menjadi ibu kota Provinsi Sumatra dan Provinsi Sumatra Tengah. Kota ini pada zaman kolonial Belanda disebut dengan Fort de Kock dan mendapat julukan sebagai Parijs van Sumatra.

Baca Juga: 'Posyandu Idaman' Targetkan Penanganan Stunting, Pemko Bukittinggi Gandeng Mitra di Pertemuan Advokasi

Bukittinggi dikenal sebagai kota perjuangan bangsa dan merupakan tempat kelahiran beberapa tokoh pendiri Republik Indonesia, di antaranya adalah Mohammad Hatta dan Assaat yang masing-masing merupakan proklamator dan pejabat presiden Republik Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat