bdadinfo.com

Demi PON 2024, Sumatera Utara dan Aceh Renovasi Sejumlah Fasilitas Vital: Salah Satunya untuk Pembangunan Stadion Utama Senilai Rp587 Miliar  - News

Demi PON 2024, Sumatera Utara dan Aceh Renovasi Sejumlah Fasilitas Vital: Salah Satunya untuk Pembangunan Stadion Utama Senilai Rp587 Miliar  (pu.go.id)

– Sumatera Utara dan Aceh tengah disibukkan dengan persiapan menjelang PON XXI yang akan digelar pada tahun 2024 ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga turut memberi dukungan dan bantuannya demi kesuksesan acara yang digelar 4 (empat) tahun sekali tersebut.

Sejumlah pekerjaan yang harus segera diselesaikan yakni pada venue PON XXI Aceh – Sumatera Utara (Sumut) dan dukungan pembangunan jalan di Stadion Utama Provinsi Sumut yang dilaksanakan pada 2023-2024.

Baca Juga: Aceh Full Senyum! Kebijakan Keberlanjutan Pembangunan Jalan Tol Ini Dinilai Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Warganya: Ada Campur Tangan Jokowi? 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa dukungan pembangunan serta renovasi untuk PON XXI tersebut dilaksanakan dengan biaya Rp1,6 triliun.

Pekerjaan yang akan dilakukan terdiri dari 4 (empat) paket pekerjaan untuk 18 (delapan belas) venue dan 4 (empat) paket pekerjaan untuk pembangunan jalan Stadion Utama Provinsi Sumut.

Sebagai informasi, Stadion Utama Sumatera Utara terletak di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang.

Baca Juga: Pembangunannya Terus Bergulir! Tol Sigli – Banda Aceh Sisakan Seksi Ini Sudah 84 Persen tapi Belum Tuntas, Optimis Rampung Sebelum PON 2024 Dibuka

Pembangunannya sudah dimulai sejak September 2023 lalu dengan biaya Rp587 miliar.

Pekerjaan pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara dilaksanakan oleh KSO PT Adhi Karya -PT PP- PT. Penta selaku kontraktor pelaksana dan PT. Jaya CM dan PT. Ciriajasa KSO selaku manajemen konstruksi.

Stadion ini dibangun di atas lahan seluas 48.420 meter persegi dengan luas bangunan 27.452 meter persegi.

Baca Juga: Berbeda dari Tol Binjai – Langsa Seksi 1 dan 2 yang Bakal Kena Penyesuaian Tarif, 2 Segmen Jalan Tol di Sumut Ini Masih Bisa Dilewati Secara Gratis

Terdiri dari 3 lantai dan lantai tribun dengan total kapasitas 25.750 penonton.

Untuk penonton VIP 365 unit, media 224 unit, reguler 25.115 unit, dan difabel 46 unit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat