bdadinfo.com

Kabupaten Tapanuli Tengah Menyongsong Era Baru Bermetamorfosis Menjadi Mutiara Baru Sumatera Tenggara di Pulau Sumatera - News

Kabupaten Tapanuli Tengah secara administraif merupakan salah satu daerah di wilayah pesisir barat Provinsi Sumatera Utara. Lokasinya berada di sebelah selatan Danau Toba

- Tapanuli Tengah adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Utara, dengan ibukotanya adalah Pandan yang lokasinya berbatasan dengan Kota Sibolga.

Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai Daerah Otonom dipertegas oleh Pemerintah dengan Undang-undang Nomor 7 tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom kabupaten-kabupaten dalam lingkungan Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor 19 Tahun 2007 maka ditetapkan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Tengah adalah tanggal 24 Agustus 1945.

Baca Juga: Kondisi Jalannya Memprihatinkan, Kementerian PUPR Habiskan Dana Rp1,2 Triliun Demi 224 KM Jalan di Sumut Makin Mulus 

Kabupaten Tapanuli Tengah secara administraif merupakan salah satu daerah di wilayah pesisir barat Provinsi Sumatera Utara. Lokasinya berada di sebelah selatan Danau Toba.[4] Panjang garis pantai di Kabupaten Tapanuli Tengah adalah 200 km dan wilayahnya sebagian besar berada di daratan Pulau Sumatra dan sebagian lainnya di pulau-pulau kecil dengan luas wilayah 2.188 km².

Kabupaten Tapanuli Tengah terus menancapkan dirinya sebagai calon provinsi Sumatera Tenggara, dengan kekayaan alam yang melimpah dan pesona wisata yang memukau.

Dengan panjang garis pantai mencapai 200 kilometer di pesisir Barat Pulau Sumatera, kabupaten ini menjadi destinasi unggulan dengan sejumlah pantai yang indah dan memukau.

Pantai-pantai cantik di sepanjang pesisir Barat Pulau Sumatera menjadi daya tarik utama Kabupaten Tapanuli Tengah.

Baca Juga: Pasca Lebaran, PLN dan MKI Sumbar Matangkan Penyusunan RUKD

Keindahan alamnya tidak hanya terbatas pada daratan, tetapi juga melibatkan pulau-pulau kecil yang tersebar di Samudera Hindia.

Gugus Pulau Mursala dan Pulau Unggas menawarkan keindahan pantai yang eksotis serta ekosistem bawah laut yang menakjubkan, termasuk Terumbu Karang dan beragam spesies Ikan Hias.

Kabupaten ini tidak hanya mempesona dengan keindahan alamnya, tetapi juga kaya akan warisan sejarah dan budaya.

Obyek wisata sejarah dan cagar budaya di sekitar daerah Barus menjadi saksi bisu dari kejayaan masa lampau.

Bahan arkeologi dan makam-makam di daerah ini menjadi bukti nyata tentang peran strategis Baru sebagai salah satu pelabuhan besar di Pantai Barat Pulau Sumatera pada masa lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat