bdadinfo.com

Kondisi Jalannya Memprihatinkan, Kementerian PUPR Habiskan Dana Rp1,2 Triliun Demi 224 KM Jalan di Sumut Makin Mulus  - News

Kementerian PUPR Habiskan Dana Rp1,2 Triliun Demi 224 KM Jalan di Sumut Makin Mulus  (sahabat.pu.go.id)

– Sumatera Utara (Sumut) tak ada habis-habisnya menggarap proyek infrastruktur di wilayahnya.

Dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Sumut dapat kucuran dana senilai Rp1,2 triliun demi memperbaiki jalanan di wilayahnya yang kondisinya memprihatinkan.

Dengan dijalankannya proyek tersebut maka konektivitas di Sumut akan semakin mulus, ditambah dengan sejumlah ruas jalan tol yang sudah dimiliki dan beroperasi pada provinsi tersebut.

Baca Juga: Asyik! 2 Ruas Tol di Sumatera Utara Diperpanjang Fungsionalnya Usai Momen Mudik Lebaran 2024 karena Alasan Ini: Ruas Manakah yang Dimaksud?

Sesuai dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2023, Kementerian PUPR terus berupaya meningkatkan konektivitas jalan daerah.

Di Sumut sendiri, Kementerian PUPR sudah melakukan pekerjaan peningkatan 30 ruas jalan dengan total panjang mencapai 224 km.

Tak tanggung-tanggung, biaya yang digelontorkan pemerintah pusat pun mencapai Rp1,2 triliun.

Baca Juga: Sumatera Utara Makin Berjaya! Jalan Tol Lima Puluh Kisaran Dinantikan Fungsional Saat Momen Mudik Lebaran 2024: Waktu Tempuh Kini Cuma Hitungan Menit 

Dengan kucuran dana tersebut, ruas-ruas jalan yang telah diselesaikan tersebar pada 19 kabupaten/kota pada 4 kawasan/koridor yang berada di Lintas Timur, Lintas Tengah, Lintas Barat, hingga Nias.

Untuk Kabupaten Labuhan Utara, sejumlah ruas jalan yang ditangani antara lain adalah Jalan Gunting Saga-Teluk Binjai dengan panjang mencapai 5 km.

Biaya penanganan pada ruas jalan tersebut menghabiskan dana mencapai Rp41,6 miliar.

Baca Juga: Akhirnya Jalan Tol di Sumatera Utara Ini Rampung! Pulang Kampung dari Medan ke Kisaran Jadi 2 Jam Saja, Mudik Lebaran Bisa Dilewati? 

Kemudian berikutnya ada Jalan Teluk Binjei-Tanjung Leidong sepanjang 3 km dengan biaya Rp29,4 miliar.

Selanjutnya penanganan jalan ruas lainnya juga dilakukan di ruas lainnya yakni Ruas Kuta Bangun-Kuta Kendit sepanjang 37,2 km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat