bdadinfo.com

Ternyata Ini Alasan Piala Dunia 1942 dan 1946 Batal Digelar, Fakta di Baliknya Ngeri - News

Piala Dunia (unsplash/Rhett Lewis)

 – Piala Dunia telah berjalan sejak 1930, dengan rentan waktu empat tahun sekali. Jules Rimet yang dikatakan sebagai pencipta ajang bergengsi itu melalui FIFA mempersiapkannya pada tahun 1929.

Untuk pertama kalinya, Piala Dunia digelar pada tahun 1930 dan diikuti oleh 13 negara, yaitu, enam negara dari Amerika Selatan, lima negara dari Eropa, dan dua negara dari Amerika Utara.

Uruguay menjadi tuan rumah pertama sekaligus menjadi pemenang pertama Piala Dunia kala  itu.

Namun ternyata, penyelenggaraan Piala Dunia pernah batal dilaksanakan selama 12 tahun. Piala Dunia batal diselenggarakan pada tahun 1942 dan 1946.

Hal ini terjadi karena pada akhir tahun 1939, rencana untuk menggelar Piala Dunia tahun 1942 resmi dibatalkan akibat adanya polemik Perang Dunia II.

Baca Juga: Nataru Sudah Dekat! Cek Jadwal 7 Kereta di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Karawang yang Dikeluarkan PT KAI

Meski Jerman dan Brazil sempat mengajukan diri sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Piala Dunia pada tahun 1942 namun tetap saja pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia 1942 harus dilakukan karena kondisi Perang Dunia II yang tidak memungkinkan.  

Hal ini berlanjut pada tahun 1946 yang seharusnya menjadi tahun penyelenggaran Piala Dunia ke-5.

Perang Dunia II yang baru berakhir pada tahun 1945 membuat pihak penyelenggara merasa tidak bisa menyiapkan penyelenggaran Piala Dunia dalam kurun waktu satu tahun yaitu pada tahun 1946.

Akibatnya, penyelenggaraan Piala Dunia resmi tidak digelar selama 12 tahun karena kondisi yang tidak memungkin untuk mengelar kejuaran berskala internasional.

Maka dari itu, penyelenggaraan Piala Dunia tahun 1946 juga resmi dibatalkan. Pada saat itu, pergelaran Piala Dunia akan kembali dilakukan pada tahun 1949 dengan Brazil sebagai tuan rumah.

Namun sayangnya, Piala Dunia baru bisa digelar pada tahun 1950. Brazil ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia sebagai hasil dari kongres yang dilakukan oleh FIFA pada tahun 1946 di Luxembourg.

Baca Juga: Lionel Messi Pernah Tertunduk Nangis Terbalas Piala Dunia 2022 Harus Dibayar Tuntas

Kendati demikian, akibat adanya alasan politis membuat beberapa negara memilih untuk tidak mengikuti kejuaraan Piala Dunia ini. Hanya ada 13 negara yang ikut berpartisipasi dalam turnamen ini negara-negara tersebut merupakan bagian dari benua Eropa, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat