bdadinfo.com

Wuih! Ada Duit Nganggur Rp690 T, Jokowi Ingin Masyarakat Sering Belanja di Mall atau Nonton Konser - News

Ada Duit Nganggur 690 T! Jokowi Ingin Masyarakat Sering Belanja di Mall atau Konser (SC/Youtube Sekretariat Kabinet RI)

– Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin masyarakat Indonesia supaya lebih aktif lagi menggunakan uangnya untuk kebutuhan belanja di mall maupun nonton konser.

Menurut Jokowi, berdasarkan data tahun 2022, terdapat uang masyarakat senilai Rp690 triliun yang ditahan. Sebab itu dengan belanja di mall ataupun nonton konser perekonomian dapat berputar.

Jokowi juga mengatakan target peningkatan komsumsi rumah tangga Indonesia ditargetkan mencapai 5,4 persen. Sedangkan berdasarkan data saat ini pengeluaran masih berada di angka 4,93 persen.

Baca Juga: Dukungan dan Doa Mengalir untuk Kesembuhan David! Buntut Penganiayaan dari Mario Dandy Satriyo

“Ditahun 2022 itu ada angka Rp 690 triliun dana masyarakat yang ditahan dan tidak dibelanjakan. Artinya, masyarakat ngerem, tidak ingin belanja, tidak ingin datang ke restoran, tidak ingin datang ke pasar, tidak ingin datang ke mal, tidak ingin datang ke toko, belanja, tidak. Lebih baik disimpan di bank, itu tidak boleh,” kata Jokowi pada Pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2023 di Balikpapan, Kamis lalu dikutip dari Youtube Sekretariat Kabinet RI, pada Sabtu 25 Februari 2023.

Menurut Jokowi, jika masih ada pengereman pengeluaran konsumsi rumah tangga seperti pada periode sebelumnya. Peningkatan ekonomi akan terganggu.   

"Kalau ini terjadi, pertumbuhan ekonomi juga otomatis naik. Oleh sebab itu, hal-hal yang berkaitan dengan spending, belanja masyarakat, itu jangan sampai ada yang menahan-nahan," katanya.

Baca Juga: Gantikan Zainudin Amali, Golkar Kirim 3 Nama Calon Menpora ke Jokowi

Oleh sebab itu pihaknya juga mendorong para gubernur untuk membujuk masyarakat untuk lebih giat lagi dalam membelajakan uangnya.

Kaitannya dengan nonton konser, pria asal Solo juga menuturkan bahwa pada tahun 2023 terdapat kurang kurang lebih 3.000 pertunjukan seni dan olahraga yang bisa dijadikan sarana pertumbuhan ekonomi.

“Dibelanjakan, gak apa-apa untuk nonton konser, untuk nonton sepak bola, dia akan spending masyarakat itu," tambahnya.

Baca Juga: Cara Daftar PKH 2023 Online di Aplikasi Cek Bansos

Jokowi juga mengatakan pemerintah akan meminta kepada para gubernur dan pemangku kebijakan terkait agar mempermudah perizinan penyelenggaraan sebuah acara tersebut.

“Untuk izin-izin masalah ini jangan ada yang dihambat karena menyangkut belanja masyarakat yang tadi ditahan Rp690 triliun tadi biar itu keluar,” pungkas Jokowi.****

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat