bdadinfo.com

Sambangi PLTA Singkarak, Kementerian BUMN Puji Pengelolaan EBT Sumbar di Hadapan GM PLN - News

Sambangi PLTA Singkarak, Kementerian BUMN Puji Pengelolaan EBT Sumbar (Humas PLN )

- Sambangi PLTA Singkarak, Kementerian BUMN Puji Pengelolaan EBT Sumbar.

Pujian itu dilontarkan saat Koordinator Asisten Deputi Bidang Industri Energi, Minyak, Gas Kementerian BUMN Luizah bersama tim melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke sejumlah unit-unit kerja PLN di Sumbar. Salah satuny, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar.

Kunker ini dalam rangka Monitoring Sistem Ketenagalistrikan Sumbar.

Baca Juga: PLN Teken Kerjasama Pendanaan Transisi Energi Bersama AIIB dan PT SMI di Sharm El-Sheikh Mesir

Hadir juga EVP Akuntansi PLN Pusat Abdul Hakam beserta tim.

Kedatangan rombongan Kunker Kementerian BUMN di Sumbar disambut oleh General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho di Ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Rombongan Kunker tiba di PLN Indonesia Power UPDK Bukittinggi PLTA Singkarak pada kunjungan pertama.

Baca Juga: PLN Boyong Penghargaan Katadata Green Initiative Awards 2023 Kategori Energy

Pada pembangkit berkapasitas 4 x 43,75 tersebut, Luizah dan rombongan melihat langsung kawasan operasional pengelolaan air menjadi energi listrik di lokasi pembangkit Asam Pulau.

Darmansyah, Asman Operasi PLN UPDK Bukittinggi menyampaikan, tidak hanya PLTA Singkarak, UPDK Bukittinggi juga mengoperasikan PLTA Maninjau dan PLTA Batang Agam. Ketiga PLTA ini menghasilkan suplai listrik hingga 254 MW. UPDK Bukittinggi berkontribusi cukup besar pada suplai listrik dari sumber energi baru terbarukan (EBT) di Sumbar yang telah mencapai 55,29%.

Pemanfaatan EBT pada bauran pembangkit tenaga air memproduksi suplai listrik EBT terbesar di Sumbar, yaitu 29,2% dari total seluruh suplai listrik Sumbar. Selain tenaga air, suplai EBT Sumbar juga diproduksi oleh PLTS sebanyak 1,09%, PLTBm sebanyak 8,7%, PLTMh sebanyak 0,2%, PLTM sebanyak 6,4%, dan PLTP sebanyak 9,7%.

Pada salah satu sambutannya, Luziah memuji pengelolaan EBT di Sumatera Barat adalah yang terbaik. Persentasi suplai energi dari EBT di Sumatera Barat bahkan telah melebihi persentasi nasional yang baru mencapai 14,11% pada 2022.

Kondisi kelistrikan di Sumbar pun sangat baik dengan surplus suplai listrik pada Agustus 2023 mencapai 22,07% dari total suplai 777,25 MW. Beban puncak tertinggi atau pemakaian maksimal di malam hari adalah 636,70 MW, sehingga masih ada cadangan suplai listrik hingga 140,55 MW. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat