bdadinfo.com

Susah Payah Bangun Tol Padang-Sicincin Bisa Jadi 'Tidak Ada Gunanya' Kalau Proyek ini Tidak Berjalan, Apa Kabar Pemda Sumatera Barat? - News

Ilustrasi jalan tol yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Darah Suamtera Barat sebgaai jalan tol lanjutan dari Jalan Tol Padang-Sicincin ((Dok: PPID - Kementerian Lingkungan Hidupdan Kehutanan))

- Pembangunan infrastruktur di Sumatera Barat terus berlangsung hingga saat ini.

Salah satu proyek yang berjalan adalah terkait pembangunan infrastruktur jalan tol yang masih dalam rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Sumatera Barat sendiri mendapat bagian jalan tol sirip atau feeder dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Progres Terkini Proyek Tol Jambi-Rengat, Tahun 2024 Riau dan Jambi Sudah Tersambung Melalui Tol Baru? 

Jalan tol sirip tersebut akan menghubungkan Kota Padang di Sumatera Barat dan Kota Pekanbaru di Provinsi Riau.

Jalan tol tersebut akan diberi nama Jalan Tol Padang Pekanbaru dengan total panjang mencapai 254 km.

Jalan Tol Padang Pekanbaru tersebut akan dibangun dalam 6 (ruas) pembangunan yang dibagi dalam 2 (dua) wilayah pembangunan, Riau dan Sumatera Barat.

Baca Juga: Konstruksi Tol Payakumbuh-Pangkalan Paket 2 dan Paket 3 Berlanjut, Sumatera Barat Akhirnya Tambah Jalan Tol Baru di Tahun 2024?

Pada proyek jalan tol sirip dari Jalan Tol Trans Sumatera tersebut, Sumatera Barat mendapat 4 (empat) proyek pembangunan. Dua lainnya akan dilakukan pada wilayah pembangunan Riau.  

Saat ini, dari keempat proyek jalan tol yang ada di Sumatera Barat, hanya ada 1 (satu) proyek saja yang berlangsung konstruksinya.

Proyek tersebut adalah Jalan Tol Padang Sicincin yang merupakan seksi satu dari ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru.

Baca Juga: Dana Pembangunan Sudah Siap, Eksekusi Proyek Tol Jambi-Rengat Tinggal Sedikit Lagi: Tol Riau Semakin Mengular Panjang

Meski sedang dalam tahap konstruksi, sejatinya pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin termasuk yang berjalan lambat.

Pasalnya, sedari tahun 2018 dimana proyek Jalan Tol Padang Sicincin ini mulai berjalan pertama kali, menjelang masuknya tahun keenam pembangunannya, proyek tersebut juga belum terselesaikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat