bdadinfo.com

Konstruksi Tol Payakumbuh-Pangkalan Paket 2 dan Paket 3 Berlanjut, Sumatera Barat Akhirnya Tambah Jalan Tol Baru di Tahun 2024? - News

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang nantinya akan tersambung dengan Jalan Tol Payakumbuh-Pangkalan di Sumatera Barat ((Dok: Pemerintah Provinsi Riau))

- Pemerintah Daerah Sumatera Barat diketahui saat ini terus mengupayakan proses pembangunan infrastruktur di ranah Minang.

Selain dari memberikan fokus terhadap penyelesaian pembangunan proyek Jalan Tol Padang Sicincin, sejumlah proyek lain juga terus didorong oleh Pemerintah Daerah Sumatera Barat.

Salah satunya adalah pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan yang juga menjadi seksi lanjutan dari Jalan Tol Padang Sicincin.

Baca Juga: Progres Terkini Proyek Tol Jambi-Rengat, Tahun 2024 Riau dan Jambi Sudah Tersambung Melalui Tol Baru? 

Meski sebelumnya sempat diberitakan tentang adanya penolakan dari masyarakat terhadap proyek Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan, pihak terkait terus melakukan diskusi yang intensif terhadap proyek ini.

Penolakan masyarakat itu sendiri disebutkan bukan untuk proyek Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan secara keseluruhan.

Melainkan terbatas pada salah satu titik pada trase Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan yang dikhawatirkan akan memberikan dampak pada tanah adat ulayat yang dihormati masyarakat.

Baca Juga: Dana Pembangunan Sudah Siap, Eksekusi Proyek Tol Jambi-Rengat Tinggal Sedikit Lagi: Tol Riau Semakin Mengular Panjang

Diketahui, titik yang dipermasalahkan tersebut berada di paket satu pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan.

Pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan sendiri juga melibatkan pihak asing, dalam hal ini Negara Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

JICA dan pihak terkait berkomitmen agar pembangunan Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan terus diupayakan termasuk dengan kemungkinan pengalihan trase pada paket satu pembangunan.

Baca Juga: Pemda Jambi Gerak Cepat Demi Proyek Jalan Tol Jambi-Rengat, Pembebasan Lahan Langsung Diproses: Siap Gaspol! 

Meski demikian, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga terus memantau proyek tol di Sumatera Barat ini.

Kementerian PUPR memberikan arahan untuk memprioritaskan pembangunan dari Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan paket dua dan paket tiga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat