bdadinfo.com

Wapres dengan Bangga Bilang Ditangan Jokowi Pembangunan Jalan Tol di Indonesia Melaju Kencang Telah Mencapai 2.893 Kilometer di Jawa dan Sumatera - News

Di era Jokowi Saat ini panjang tol di Indonesia telah mencapai 2.893 kilometer, yang sebagian besar di Jawa dan Sumatera dan sisanya di Kalimantan, Sulawesi, Bali

- Di era kepemimpinan presiden Joko Widodo (Jokowi) pembangunan mega proyek jalan tol di Jawa dan Sumatera berkembang sangat pesat dan signifikan sepanjang 9 tahun terakhir atau selama dua periode kepemimpinan Jokowi.

Hal ini dikatakan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pembangunan jalan tol meningkat signifikan sepanjang 9 tahun terakhir atau selama dua periode pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia menyebut peningkatan itu mencapai lebih dari 13 persen.

Dia menjelaskan, pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan perluasan pemerataan pembangunan.

Baca Juga: Viral Video Rekaman Harimau Berkeliaran di Area Konsesi Pelalawan, BBKSDA Riau Akhirnya Buka Suara

Dimana kehadiran tol tersebut akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan ini yang nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional.

"Konektivitas antar kawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam press rilisnya.

Berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1626/KPTS/M/2024, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 km telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol sehingga dapat dioperasikan.

Untuk itu, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung dijadwalkan beroperasi tanpa tarif pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2024 mulai pukul 06.00 WIB.

Baca Juga: Tips Menyusun Anggaran Gaji Bulanan Dengan Efisien

"Saat ini panjang tol di Indonesia telah mencapai 2.893 kilometer, yang sebagian besar di Jawa dan Sumatera dan sisanya di Kalimantan, Sulawesi, Bali," kata Ma'ruf saat meresmikan Tol Cimanggis-Cibitung.

Ma'ruf menuturkan pembangunan tol perlu ditingkatkan untuk mewujudkan konektivitas nasional. Jalan tol, kata dia, juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan memperluas pemerataan pembangunan. Ma'ruf yakin jalan tol bisa mempercepat distribusi barang dan jasa, sekaligus mengurangi biaya logistik dan kemacetan.

"Tol juga membuka peluang investasi baru yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat," kata Ma'ruf.

Pemerintahan era Jokowi-Ma'ruf membangun jalan tol sepanjang 1.983 kilometer dengan dukungan APBN. Hal ini diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat memaparkan kinerja APBN dalam rapat paripurna di DPR RI,

Sementara tol sepanjang 2.893, dalam catatan Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau BPJT PUPR, merupakan jalan tol yang dibangun sejak 1978 hingga pertengahan tahun ini. Rinciannya, sepanjang 1.782,47 kilometer di Pulau Jawa; 941,75 kilometer di Sumatera; 97,27 kilometer di Kalimantan; 61,46 kilometer di Sulawesi; dan 10,07 kilometer di Bali.

"Jalan tol ini dikelola 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk 73 ruas tol," demikian disampaikan BPJT PUPR dalam laman resminya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat