bdadinfo.com

Jumat Barokah Dalas Swalayan Diserbu Pengunjung - News

Dalas Swalayan diserbu pengunjung sejak digelarnya program  konsumen promo Jumat Barokah di toko ini. IST




PADANG,  — Pandemi tidak hanya mengganggu kesehatan manusia, namun juga ekonomi. Krisis ekonomi dirasakan hampir di semua sektor, tidak terkecuali usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

UMKM sangat terdampak secara ekonomi, mereka butuh bantuan, bimbingan atau orang tua asuh untuk mempertahankan usaha yang mereka rintis selama ini.

Dalas Swalayan, salah satu toko ritel terkemuka di Kota Padang, sejak awal berdirinya sudah berkomitmen merangkul pelaku UMKM yang ada di kota ini untuk berkolaborasi meningkatkan dan mengembangkan usaha produk rumahan, seperti cemilan, kue kering atau snack tradisional. Ratusan UMKM sudah bergabung dengan Dalas Swalayan yang dibina langsung oleh owner-nya Irawati Meuraksa.

Baca Juga: Bank Nagari Peduli, Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Pasaman

“Mereka semua kita ajak bergabung dan terus berbenah, memperbaiki kualitas produk UMKM yang dihasilkan, sehingga punya nilai jual,” kata Ira saat ditemui awak media di toko miliknya Dalas Swalayan, jalan Andalas No. 38, Andalas
Padang, Selasa (1/3) di sela kesibukannya sebagai Anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi
PAN.

Menurut Irawati Meuraksa, selain kualitas produk dan kemasan, ia juga lebih fokus untuk membina dan mengembangkan UMKM yang memproduksi sendiri dan tidak hanya usaha mengemas.

“UMKM itu bukan hanya mengemas produk orang lain lalu kemudian dijual, tapi mulai dari penyediaan bahan, proses produksi, standar kualitas rasa dan pengemasan, hingga sampai
ke konsumen. Itu UMKM yang perlu kita rangkul,” ujarnya.

Salah satu program unggulan untuk mengangkat produk UMKM ini, Irawati mencanangkan program belanja ‘Jumat Barokah’ di 4 toko miliknya, di bawah naungan Rili Group.

“Jumat Barokah merupakan program konsumen promo, khusus produk UMKM dan sembako yang kita luncurkan mulai Jumat ketiga Februari lalu di Dalas Swalayan, Smile Market, Rili Swalayan dan Smile Mart dengan harga yang jauh lebih murah,” kata Ira didampingi suami tercinta, Febrizal Madjid yang juga pemilik Rili Group.

Baca Juga: Pascagempa 6,2 SR Pasbar, Layanan Capem Bank Nagari Simpang Tiga Dibantu Mobil Unit Cabang Simpang Empat


Awal dibukanya program ini, langsung diserbu oleh pengunjung yang penasaran produk apa saja yang dijual dengan harga yang lebih murah tersebut.

Kenapa diberi nama Jumat Barokah, Ira menjelaskan bahwa di setiap Jumat itu puluhan pengusaha UMKM yang kita rangkul ini menyisihkan sebagian dari rezekinya untuk disedekahkan dalam bentuk diskon harga lebih murah kepada konsumen, sehingga memiliki nilai sosial dan ibadah.

“Saat ide ini kita lontarkan, para pelaku UMKM langsung menyambut baik dan merasa senang, bisa berdagang sambil beramal, kata mereka. Apalagi Jumat itu kan hari yang paling mulia,” kata Ira.

Jumat Barokah memberikan harga spesial untuk produk UMKM seperti keripik kentang, kue bawang, pisang salai, arai pinang, rakik maco, serundeng dan banyak lagi. Demikian juga produk sembako seperti minyak goreng, gula, telur, beras, tepung, dan lainnya.

“Seperti kue bawang medan Usaha Nining, ini sangat laku dan banyak yang suka. Selain renyah, bawangnya berasa banget. Terus.. Arai Pinang Pancaryan, ini kelihatannya aja yang keras, padahal sangat lembut dan gurih,” ujar Ira sambil memperagakan beberapa produk unggulan UMKM yang dijual di Dalas Swalayan kepada awak media.

Ke depannya, Ira yakin produk UMKM akan semakin berkembang dan akan menjadi snack atau cemilan yang banyak disukai oleh konsumen, karena tidak pakai pewarna sintetis, bahannya alami tanpa pengawet, mengalahkan produk-produk pabrikan.

“Produk UMKM harus mampu menjadi produk unggulan di daerahnya sendiri, sehingga konsumen akan beralih ke produk tradisional dari pada pabrikan,” ujar Ira.

Keseriusannya membina pelaku UMKM di kota Padang selama ini, mengantarkan Irawati Meuraksa menerima penghargaan sebagai tokoh pemberdayaan UMKM Kota Padang pada Desember lalu dalam acara HIPMI UMKM Award 2021 yang digelar di Basko Hotel, Padang.

Tidak hanya itu, Padang Ekspres juga menobatkan Irawati Meuraksa sebagai tokoh politisi perempuan yang peduli dan berperan aktif memajukan UMKM di kota Padang pada acara syukuran 23 tahun Padang Ekspres, Januari 2022.

“Alhamdulillah, penghargaan yang saya terima sebenarnya merupakan apresiasi terhadap pelaku UMKM di kota Padang yang selama ini usahanya terdampak oleh pandemi,” kata Ira.

Sudah dua kali Jumat program konsumen promo Jumat Barokah ini digelar dan hasilnya sangat menggembirakan, penjualan produk UMKM dan sembako di Rili Group naik sampai 35 persen di hari setiap Jumat.

“Konsumen senang berbelanja disini dan pengusaha UMKM juga senang, barang-barang mereka habis,” ujar Filmai Suryati, General Manager Rili Group yang turut mendampingi Irawati Meuraksa.

Disinggung tentang kesiapan Rili Group memenuhi kebutuhan sembako, terutama minyak goreng, Irawati Meuraksa menjawab tidak ada persiapan khusus, semua dilakukan secara proporsional disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

“Alhamdulillah kita bisa menyediakan minyak goreng premium dengan harga yang telah ditentukan oleh pemerintah yaitu 14 ribu perliter. Hanya saja pembeliannya kita batasi, setiap orang hanya bisa membeli 2 liter, agar yang lain bisa kebagian,” katanya.

Ditanya tentang kiat menghadapi usaha ritel yang terus menjamur saat ini, Ira yakin bahwa usaha yang ia dirikan sejak 18 tahun lalu ini akan terus bertumbuh dan berkembang, karena memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dipunyai  oleh ritel lain.

“Insya Allah, kita terus berbenah, memperbaiki layanan dan fasilias, sehingga konsumen semakin nyaman berbelanja di Rili Group,” ujarnya.

Konsumen promo Jumat Barokah ini berlaku setiap Jumat hanya di Rili Swalayan, jalan Sutomo No. 22, Simpang Haru Padang, Smile Market, jalan by pass Km. 6, Simpang Pisang Padang dan di Dalas Swalayan, jalan Andalas No. 38, Andalas Padang.

Program belanja murah setiap Jumat ini didukung oleh puluhan pelaku UMKM di kota Padang, seperti Gantri, P&D Thamrin, Unang, Sofresh, Inyiak, Dua Putri, Rizka, Aleza, Belibis, Panca Riyan, Mail, Sejahtera, Clarissa, Florissa, Azizah, Semoga Jaya, Rozaq, Rambak Kurnia, Syafni, Putra Tunggal, Rasaki, Sinta, Keluarga, Karya Bersama, Adek, Lara, Delisoy, UD Sari, Mutiara, Diego, Jupe Snack, Tessa, Mansurin, 4x7, Citra Mandiri, Levina, Telur Ayam Bu Des  SoFresh dan lainnya. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat