bdadinfo.com

Cara Unik Disdikbud Bukittinggi Pindahkan Belajar Siswa SD ke Museum Rumah Bung Hatta - News

Kegiatan Belajar Bersama di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi (harianhaluan.com/Vesco)

- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi melalui Bidang Kebudayaan menggelar kegiatan belajar bersama di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta bagi siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Bukittinggi, Rabu 23 November 2022.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Melfi Abra melalui Pamong Budaya Ahli Muda Substansi Permuseuman Kota Bukittinggi, Beta Ayu Listyorini mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh sembilan SD yang ada di Kota Bukittinggi.
 
"Pesertanya ada sembilan sekolah, masing-masing sekolah mengirim perwakilan empat orang siswa dan satu orang guru pendamping, jadi total ada 45 orang siswa yang ikut kegiatan," ujarnya kepada .
 
Sementara itu, untuk memberikan materi tertang permuseuman dan penulisan artikel kemuseuman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi menggandeng Komunitas Pencinta Museum Kota Bukittinggi.
 
Di lain sisi, Ketua Komunitas Pencinta Museum Kota Bukittinggi, Trisno Edward mengatakan, kegiatan Belajar Bersama di Museum yang digagas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi adalah salah satu langkah yang baik untuk menumbuhkan rasa cinta generasi penerus terhadap sejarah bangsa, khususnya museum.
 
"Melalui even ini, para siswa khususnya tingkat SD dapat mempelajari dan mengetahui riwayat hidup dan kisah perjuangan Proklamator Bung Hatta. Kita dari Komunitas Pencinta Museum sangat mengapresiasi keaktifan anak-anak dalam berdiskusi atau menyampaika ide-idenya selama acara berlangsung," tuturnya.
 
Tak hanya itu, Trisno Edwar juga menilai banyak bakat-bakat kepenulisan lahir dari para peserta yang antusias untuk merekam memorinya saat berkunjung ke museum dalam bentuk tulisan
 
"Apalagi, muncul pula bakat-bakat menulis dari para peserta tersebut. Terima kasih kepada Bidang Kebudayaan Disdikbud yang sudah berkolaborasi bersama Komunitas Pencinta Museum dalam kegiatan ini. Semoga lahir generasi penerus bangsa yang cinta museum dan cinta sejarah," katanya menutup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat