bdadinfo.com

Gempa Jayapura 4 Orang Meninggal, Erick Thohir Turut Berduka - News

Gempa Jayapura 4 orang meninggal, Erick Thohir turut berduka (Twitter @BNPB_Indonesia)

- Menteri BUMN Erick Thohir turut berduka atas terjadinya Gempa Jayapura Papua magnitudo 5,4.

Erick Thohir membalas cuitan dari akun Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB.

"Turut berdukacita atas musibah gempa yang melanda Kota Jayapura, Papua. Semoga mereka semua diberikan kekuatan, kesabaran, dan selalu dalam lindungan Tuhan. #PrayForJayapura,” tulis Erick Thohir melalui akun Twitternya dikutip Kamis 9 Februari 2023. 
 
 
 
BNPB melalui akun Twitternya menginformasikan 4 orang meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 5,4 yang mengguncang Kota Jayapura, Papua.
 
Gempa disebut tidak berpotensi tsunami, namun tetap menimbulkan kerusakan yang cukup parah. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jayapura, Asep Khalid, menegaskan empat korban tewas telah ditemukan dari puing bangunan cafetaria yang roboh oleh guncangan gempa bumi.
 
 
Kafetaria tersebut terletak di atas perairan di Kota Jayapura, sehingga proses evakuasi korban dilakukan oleh tim ahli untuk menyelam.
 
"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal (para korban) ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud," kata Asep
 
Asep mengatakan ketika kejadian gempa bumi berlangsung dan dirasakan kuat selama 2-3 detik, warga Kota Jayapura mengalami kepanikan dan berhamburan keluar rumah.
 
 
Lebih lanjut, pada saat menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Asep merasakan gempa bumi susulan yang kembali terjadi.
 
"Gempabumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempabumi sedang berjalan," ujar Asep.
 
Dalam laporannya Asep menuturkan beberapa bangunan seperti rumah, fasilitas umum dan fasilitas kesehatan mengalami kerusakan.
 
 
Beberapa pasien RSUD Kota Jayapura turut diungsikan ke halaman gedung untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan,
 
Tim BPBD Jayapura bersama lintas instansi terus penanganan bencana dengan mendata kerusakan maupun korban jiwa dampak gempa.
 
Selanjutnya, tim gabungan telah mendirikan tenda posko dan tenda darurat untuk evakuasi sementara.
 
"Kami di tim TRC (Tim Reaksi Cepat BNPB) sebagian memantau di lokasi. Kami di sini ada bangun posko untuk kita buat laporan. Selebihnya tim BPBD Provinsi Jayapura juga bantu tenda di RSUD," kata Asep.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat