bdadinfo.com

Air Bendungan Katulampa Meluap Tinggi, BPBD: Warga Bantaran Sungai Jakarta Siaga 3 - News

Air Bendungan Katulampa meluap, ini 21 antisipasi wilayah DKI Jakarta yang akan dilalui air aliran sungai, BPBD sudah mengekuarkan DEWS Siaga 3 untuk Warga Bantaran Sungai. (Yoriesta Afnenda Ramizal)

- Dinas Sumber Daya Air atau Dinas SDA DKI Jakarta telah memberitahukan adanya kenaikan air di Bendung Katulampa naik, dampaknya adalah memicu terjadi banjir.

Maka peringatan bagi warga sekitar Bantaran Sungai, khususnya Sungai Ciliwung, Pemprov DKI Jakarta telah mengekuarkan Disaster Early Warning System (DEWS) artinya sistem peringatan dini bencana. Ada 21 antisipasi wilayah di Jakarta yang akan dilewati oleh air yang cukup deras.

Pengumuman yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas SDA akhirnya diteruskan oleh BPBD DKI Jajarta atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah bahwa level untuk warga Bantaran Sungai sudah masuk siaga level tiga atau Siaga tiga.

Baca Juga: Rilis Livery Mobil Seri AT04, AlphaTauri Siap Kembali di Lini Tengah F1 Musim 2023

"Info Disaster Early Warning System (DEWS) kepada warga Bantaran Sungai, akibat kenaikan Bendung Katulampa, (waspada/siaga 3), Minggu, 12 Februari 2023, pukul 07.30 WIB," kata BPBD DKI Jakarta melalui cuitan di Twitter @BPBDJakarta, 12 Februari 2023.

Artinya warga DKI Jakarta khususnya yang tinggal di Bantaran Sungai seperti Sungai Ciliwung, harus berhati-hati, kalau bisa evakuasi dini.

Berikut peringatan ini juga berlaku untuk 21 antisipasi wilayah, yang akan dilalui aliran sungai, bisa memicu banjir.

Baca Juga: Definisi Cagar Budaya Sesuai UU No 11 Tahun 2010

Karena 131.000 liter air yang melewati Bendung Katulampa termasuk Sungai Ciliwung, aliran air yang cukup deras ini akan datang ke Jakarta pada sembilan hingga 12 jam mendatang.

Info dari Pos Pantau Sunter Hulu, pada pukul 10.00 WIB hari ini bahwa Tinggi Muka Air (TMA) naik hingga 170 cm per mendung.

Diperkirakan kurang lebih empat jam air akan sampai ke PA Pulo Gebang, Jakarta.

Baca Juga: Airlangga Sebut NasDem Tahan Diri Dukung Anies, Rocky Gerung: Kalau Beginian Golkar Paling Canggih

Inilah antisipasi wilayah yang dimaksud oleh BPBD DKI Jakarta yang akan dilewati oleh aliran sungai.

1. Bambu Apus
2. Cilangkap
3. Pondok Ranggon
4. Setu
5. Lubang Buaya
6. Pondok Bambu

Baca Juga: Telkomsel Lanjutkan Upgrade Layanan 3G ke 4G/LTE di 300 Kota/Kabupaten secara Bertahap Mulai Februari 2023

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat