bdadinfo.com

Banjir Bandang Terjang Bondowoso, 54 Rumah Rusak - News

Banjir Bandang di Kabupaten Solok, 60 Hektar Areal Pertanian Gagal Panen

- Hujan dengan intensitas yang tinggi menyebabkan banjir bandang di Kecamatan Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu, 12 Februari 2023. Akibat banjir, pemukiman warga di sejumlah desa dilaporkan rusak diterjang material kayu dan lumpur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Gatot Soebroto, mengungkapkan, sebanyak 54 rumah terendam banjir, dan beberapa diantaranya mengalami kerusakan terkena material yang terbawa arus banjir di Bondowoso.

Gatot menyebutkan ada dua desa terdampak banjir bandang, yaitu Desa Sempol dan Kalisat. Banjir terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Ijen. Hal itu dikemukakan Gatot seperti dikutip dari laman Tribratanews, Selasa, 14 Februari 2023.

Baca Juga: Banjir Bandang di Sulsel, Sepasang Suami Istri Tewas Terseret Saat Selamatkan Anaknya

“Banjir disertai material lumpur, pasir serta ranting dan dahan pepohonan merendam 54 rumah di Desa Kalisat Dusun Kampung Baru dan 23 rumah di Dusun Sumberayu Rumah serta 2 rumah di Dusun Taman Kembar,” katanya.

Akibat banjir bandang, dua unit sekolah, satu kamar mandi umum, dan satu musala mengalami kerusakan banjir. Hingga saat ini, tidak ada laporan korban jiwa.

Sementara warga yang rumahnya terdampak banjir di Desa Kalisat, saat ini masih mengungsi di rumah sanak saudara.

Baca Juga: Peringatan Dini Pergerakan Tanah, Hati-Hati Beberapa Daerah di Bandung Berpotensi Banjir Bandang

Saat ini, petugas gabungan menurut Gatot mulai membersihkan material di Jalan Raya Dusun Sempol II.

"Kami juga mendirikan posko pengungsian di sejumlah titik. Pos pelayanan kesehatan berada di Balai Desa Sempol," ujarnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat