bdadinfo.com

Selain Serai dan Lavender, Tanaman Berikut Ini juga Ampuh untuk Mengusir Nyamuk - News

ilustrasi

JAKARTA, - Ternyata ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk. Seperti menggunakan obat nyamuk dengan cara dibakar, obat nyamuk semprot, serta lotion nyamuk yang dapat dioleskan ke kulit.

Namun cara-cara di atas dapat memiliki efek samping seperti menghirup asap atau aroma yang dihasilkan dari obat nyamuk, serta alergi bagi pemilik kulit sensitif yang mengaplikasikan lotion nyamuk ke kulit mereka.

Jika Anda ingin mencoba cara yang lebih alami, Anda bisa mengusir nyamuk dengan tanaman yang memiliki fungsi tersebut. Melansir laman Garden Design, berikut 5 tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk secara alami.

1. Lavender

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa serangga atau bahkan kelinci dan hewan lain tidak pernah menghancurkan tanaman lavender Anda? Itu karena aromanya yang indah, yang berasal dari minyak esensial yang ditemukan di daun tanaman.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa lavender dapat kemampuan nyamuk untuk mencium! Karena itu, nyamuk tidak akan mengenali bau Anda karena aroma yang dihasilkan lavender sangat kuat. Pada akhirnya, nyamuk pun tidak akan menggigit Anda.

2. Marigold

Marigold adalah tanaman yang mengeluarkan bau yang menghalangi nyamuk. Tumbuhkan mereka dalam pot dan letakkan di dekat teras atau pintu masuk ke rumah Anda untuk mengusir serangga.

Menurut NYBG, Marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang Meksiko, serangga, dan cacing.

3. Serai

Dikenal karena baunya yang khas, serai adalah bahan alami yang paling umum digunakan dalam pengusir nyamuk. Faktanya, Brooklyn Botanic Garden merekomendasikan tanaman beraroma lemon seperti rumput serai untuk mengusir nyamuk.

Tanaman dengan perawatan rendah ini paling baik ditanam di pekebun besar karena tidak tahan terhadap embun beku, tetapi di iklim yang lebih hangat, dapat ditanam langsung di area yang cerah di tanah.

4. Kemangi

Kemangi adalah ramuan lain yang juga dapat berfungsi ganda sebagai pengusir hama. Bau menyengat yang dikeluarkan daun kemangi inilah yang mencegah hama.

Dan karena semua jenis kemangi berfungsi untuk mengusir lalat dan nyamuk, silakan jelajahi dan temukan jenis kemangi yang tepat untuk dipadukan ke kebun Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat