bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 114 Tugas Bab 4 Teks Tanggapan Kurikulum 2013 - News

Tugas Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 114

- Kunci jawaban berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas IX untuk SMP/MTs edisi revisi 2018 Kurikulum 2013 karya Agus Trianto, dkk.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 Kegiatan 2 tugas halaman 114 ini memuat materi tentang teks tanggapan dengan bahasa santun, serta fokus tanggapan pada keunggulan dan kebaikan karya.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 9 Kurikulum 2013 ini pun dapat menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 95 96 Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Tugas

Buatlah teks tanggapan yang membangun dengan bahasa yang santun. Fokus tanggapan pada keunggulan dan kebaikan karya.

Kunci jawaban:

Bentuk Karya: Tulis, buku fiksi

Teks tanggapan: Karya tulis saat ini sudah menjadi hal yang dibutuhkan dalam berbagai bidang, misalnya sebagai turunan dari media promosi atau berita, dengan memperhatikan struktur teks kaidah kebahasaan. Begitu pula dengan karya tulis yang sudah dibaca ini, memiliki kelebihan antara lain sebagian besar menggunakan kata baku, alur cerita yang menarik, dan penggambaran tokoh dan latar yang terkesan hidup.

Baca Juga: Kunci Jawaban Cerdas Cergas Bahasa Indonesia Kelas 10 Kegiatan 2 Halaman 147 148 Teks Biografi

Bentuk Karya: Seni, patung idola Korea

Teks tanggapan: Hampir seluruh warga negara Indonesia mengenal Korea Pop atau K-Pop. Budaya negeri gingseng yang masuk pun tak hanya musik, tapi juga ada drama, kuliner, dan fashion. Begitu pula dengan karya patung yang dibuat berdasarkan wujud idola boyband yang sedang populer ini, memiliki tingkat kreativitas dan kualitas tinggi. Misalnya, pilihan warna yang sepadan serta pahatan pada lekukan-lekukan yang terkesan sulit dilakukan oleh pemula.

Bentuk Karya: Prakarya, kipas angin rakitan

Teks tanggapan: Inovasi dapat muncul dari berbagai ide pikiran masing-masing orang, yang sama-sama didasari oleh kebutuhan sehari-hari. Begitu pula dengan kipas angin rakitan tersebut yang didasari oleh keadaan panas dan keinginan mendinginkan ruangan. Meski desainnya sederhana, kipas angin rakitan ini memenuhi fungsinya sebagaimana mestinya. Cukup dengan beberapa bahan seperti dinamo, kawat penghantar, lembaran plastik, serta baterai, kipas angin ini dapat dibuat oleh siapa pun dengan pengawasan orang dewasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat