bdadinfo.com

Perintah Zakat dan Pentingnya bagi Kesejahteraan Umat Islam - News

Perintah Berzakat dan Pentingnya Bagi Kesejahteraan Umat (Freepik)

 - Perintah untuk zakat merupakan suatu kewajiban bagi seorang Muslim, sebagaimana terdapat dalam rukun islam ketiga atau rukun islam yang keempat.

Kata zakat sendiri memiliki arti membersihkan atau mensucikan. Perintah untuk berzakat juga telah dijelaskan berulang-ulang di dalam kitab suci Alquran

Sebagaimana terdapat dalam Surah At-Taubah ayat 103 yang berarti, “Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu menjadi ketentraman jiwa buat mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Baca Juga: Simpan Sabu di Celana, Seorang Pria di Kabupaten Agam Dibekuk Polisi

Dilansir dari zakat.or.id, Senin, 13 Maret 2023, terdapat kurang lebih 24 ayat dalam Alquran yang menjelaskan tentang kewajiban zakat yang disejajarkan dengan kewajiban salat.

Dalam Surah Al-Baqarah ayat 110 yang artinya: “Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.”

Namun sayangnya jumlah umat muslim yang berzakat (muzakki) masih tergolong rendah. Merujuk pada data Kemenkominfo pada tahun 2019, baru sekitar 4 juta dari total 200 juta lebih penduduk muslim yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Pemkab Tanah Datar Sangat Dukung Didikan Subuh, Bupati Eka Putra: Kegiatan Strategis Perlu Dikembangkan

Selain itu, pemahaman masyarakat muslim di Indonesia terkait literasi zakat juga masih tergolong menengah bahkan rendah.

Puskas Baznas (2021) menyebutkan bahwa Nilai Indeks Literasi Zakat (ILZ) yang dimiliki masyarakat Indonesia terkait pemahaman dasar zakat cukup tinggi yakni sebanyak 72,21 persen atau masuk dalam kategori moderat, namun terkait pemahaman lanjutan zakat masuk dalam kategori rendah yakni sebanyak 56,68 persen.

Maka dapat disimpulkan bahwa secara umum masyarakat sudah mengetahui terkait kewajiban membayar zakat, objek-objek dan jenis-jenis zakat, namun pengetahuan masyarakat tekait pembayaran zakat melalui lembaga resmi, institusi zakat, regulasi zakat dan zakat digital masih rendah.

Baca Juga: Hadirkan Aplikasi Service myHyundai, Hyundai Beri Kemudahan Ini untuk Pelanggan

Padahal manfaat zakat bagi kesejahteraan umat memiliki kontribusi yang nyata bagi penurunan angka kemiskinan dan pemerataan kesejahteraan penduduk.

Data dari Puskas Baznas tahun 2021 lalu, menunjukkan bahwa pada tahun 2020 keberadaan zakat yang dihimpun oleh berbagai Organisasi Pengelola Zakat dan Baznas RI mampu mengentaskan sebanyak 44 persen fakir miskin dari garis kemiskinan.

Pilihan tempat penyaluran zakat pun beragam, yakni dapat diberikan secara langsung kepada orang yang membutuhkan maupun dititipkan melalui perantara lembaga penyalur zakat. Keduanya sama-sama baik dan diperbolehkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat