bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 232 Kurikulum 2013 Teks Biografi George Saa dan Ardian Syaf - News

Tugas 1 Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 232 233

- Kunci jawaban kelas 10 berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK/MAK karya Suherli, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 Tugas 1 halaman 232 ini memuat materi tentang teks biografi George Saa dan Ardian Syaf lalu menganalisis bagaimana karakter unggul tokoh tersebut.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kegiatan 2 Tugas Halaman 158 Kurikulum 2013 Bagian Proposal Penelitian

Tugas 1

Bacalah kembali biografi George Saa dan Ardian Syaf di atas. Kemudian, analisislah bagaimana karakter unggul tokoh disampaikan oleh pegarangnya. Kerjakanlah di buku tugasmu dengan menggunakan contoh tabel berikut ini.

Cara Penggambaran Karakter Unggul Tokoh Kutipan Biografi
Cara langsung

1) George Saa = Ia dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua.

2) Ardian Syaf = Ardian Syaf (31), sosok komikus yang rendah hati ini memilih tinggal di kampung halamannya di Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan, Tulung Agung, bersama istri dan seorang anaknya.

Cara tidak langsung

1) George Saa = Para juri yang terdiri atas 30 jawara isika dari 25 negara itu hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk memutuskan pemuda 17 tahun asal Jayapura ini menggondol emas.

2) Ardian Syaf = Tentu, Aan tidak meraih semua itu dengan gampang.

Cara deskripsi melalui tindakan tokoh

1) George Saa = Oge lebih senang menyebut ayahnya petani ketimbang pegawai. Sebab, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Silas, dibantu istrinya, Nelce Wofam, dan kelima anak mereka, mengolah ladang dan menanam umbi-umbian.

2) Ardian Syaf = Lulus kuliah tahun 2004 dari jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Negeri Malang, ia sempat bekerja sebagai tukang layout dan ilustrator sebuah penerbitan.

Cara deskripsi melalui penuturan tokoh lain

1) George Saa = “Semua anak Mama tidak manja dengan uang, sebab kami tidak punya uang,” tutur Mama Nelc.

2) Ardian Syaf = Kemudian Aan mendapat informasi dari Ketty, seorang penulis Irlandia, bahwa sebuah  penerbit di Amerika tengah mencari ilustrator komik untuk projek komik berjudul “Dresden Files”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat

Hak Cipta © 2024. Seluruh Hak Dilindungi.Sitemap