bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 113 114 115 Kelas 11 Kurikulum 2013 Nilai Kehidupan Teks Cerita Pendek - News

Tugas Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 113 114 115 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban kelas 11 berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK karya Suherli, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 Kegiatan 1 Tugas halaman 113 114 115 ini memuat materi tentang menentukan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek, yaitu agama, sosial, budaya, dan ekonomi.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 213 Kurikulum 2013 Tugas Tokoh dalam Teks Biografi

Tugas

Nilai-nilai kehidupan apakah yang dikisahkan di dalam cuplikan-cuplikan berikut.

Cuplikan Cerita Bidang Kehidupan Keterangan/Alasan
1 2 3 4
1. “O, Tuhan kami yang Mahabesar. Kami yang menghadap-Mu ini adalah umat-Mu yang paling taat beribadat, yang paling taat menyembah-Mu. Kamilah orang-orang yang selalu menyebut nama-Mu, memuji-muji kebesaran-Mu, mempropagandakan keadilan-Mu, dan lain-lainnya. Kitab-Mu kami hafal di luar kepala kami. Tak sesat sedikit pun membacanya. Akan tetapi, Tuhanku yang Mahakuasa, setelah kami Engkau panggil kemari, Engkau masukkan kami ke neraka. Maka sebelum terjadi hal-hal yang tidak diingini, maka di sini, atas nama orang-orang yang cinta pada-Mu, kami menuntut agar hukuman yang Kau jatuhkan kepada kami ditinjau kembali dan memasukkan kami ke sorga sebagaimana yang Engkau janjikan dalam kitab-Mu.” X       Cuplikan cerita berulang kali menyebutkan perihal Tuhan dan sifat-sifat-Nya.
2. Kalau begitu mengapa Syarifudin meninggal pada hari kedua, setelah dia disunat? Darah tak banyak keluar dari lukanya. Syarifudin kan juga penurut. Pendiam. Setengah bulan, hampir, dia mengurung diri karena kau mengatakan kelakuan abangnya sehari sebelum disunat itu. Aku tidak percaya jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran setengah malam penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilu luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu.     X   Cuplikan cerita menunjukkan adanya tradisi suatu wilayah seperti dukun, sunat, serta watak manusia seperti penurut, pendiam, kikir, tamak, penghisap, dan lintah darat.
3. Kalau benar begitu, apalagi yang sekarang mereka sakitkan hati? Aku telah lama mengubah sikapku. Tiap ada derma, aku sumbang. Tiap kesusahan, aku tolong. Tidak seorang dari mereka yang tidak kuundang dalam pesta tadi malam. Kaulihatkan, tiga teratak itu penuh mereka banjiri. Aku yakin mereka telah menerimaku, memaafkanku.   X     Cuplikan cerita menunjukkan adanya interaksi sosial antartokoh melalui berbagai tindakan, seperti 'Tiap ada derma, aku sumbang', 'Tiap kesusahan, aku tolong', serta 'Tidak seorang dari mereka yang tidak kuundang dalam pesta tadi malam'.
4. Di ruang kosong yang semula dipenuhi pernik cahaya matahari, kita bertatap muka penuh gairah. Di penjuru ruang kosong itu bergantungan bola-bola rindu penuh warna dan aroma. Bola-bola itu bergesekan satu dengan lain mengalirkan irama-irama lembut Beethoven atau Papavarotti. Irama itu menyayat-nyayat hati kita hingga mengukir potongan sejarah baru. Bagaikan sepasang angsa putih yang menari-nari di bawah gemerlapan cahaya langit, sejarah itu terus ditulisi berkepanjangan. Lewat ratusan kitab, laksa aksara. Namun, setiap perjalanan pasti ada ujungnya. Setiap pelayaran ada pelabuhan singgahnya. Setiap cuaca benderang niscaya ditingkahi temaram bahkan kegelapan.     X   Cuplikan cerita menunjukkan adanya gaya bahasa yang khas, nilai budaya yang unik, seperti bola-bola rindu, bagaikan sepasang angsa putih, laksa aksara, ditingkahi temaram.
5. Merah di langit barat telah lenyap ketika kita sampai di resto yang kaupilih sebagai tempat pertemuan. Cuma kita berdua dan karena itu kita pilih meja-kursi terpojok. Jauh dari panggung musik yang terlampau berisik. Jauh dari orang-orang yang makan sambil tertawa-tawa riang. Di mataku, terus terang, mereka adalah sekelompok manusia tanpa persoalan tanpa beban. Tidak seperti aku. Tidak seperti kamu. Tidak seperti kita. Paling tidak, pada malam itu. Kaupesan mi sea food yang entah bernama apa.       X Cuplikan cerita lebih menunjukkan kegiatan ekonomi, seperti datang ke resto dan memesan mi sea food.

Keterangan:

1 = agama, 2 = sosial, 3 = budaya, 4 = ekonomi

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Halaman 151 Kurikulum 2013 Informasi Cerita Inspiratif

Itulah kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 Kegiatan 1 Tugas halaman 113 114 115 tentang menentukan nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek, yaitu agama, sosial, budaya, dan ekonomi. Semoga bermanfaat.

Sebagai informasi, kunci jawaban ini hanyalah referensi belajar, siswa dan orang tua dapat mengeksplorasi jawaban lebih baik dari sumber tepercaya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat