bdadinfo.com

Kunci Jawaban Kegiatan 7 8 Bahasa Indonesia Kelas 8 Menulis Teks Persuasi Kurikulum 2013 Halaman 196 197 - News

Kegiatan 7.8 Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 196 197

- Kunci jawaban kelas 8 berikut dikutip dari Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII edisi revisi 2017 karya E. Kosasih Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Kegiatan 7 8 halaman 196 197 ini memuat materi tentang langkah menulis teks persuasi termasuk struktur teks, persuasif perincian, serta koreksi.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum 2013 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 95 96 Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Kegiatan 7 8

A. Buatlah teks persuasif dengan langkah-langkah sebagai berikut!

Kunci jawaban:

Struktur teks Persuasif perincian
Pengenalan isi (tema) Apa yang dilakukan oleh bangsa Indonesia saat ini pasti akan berdampak terhadap anak cucu bangsa ini. Lakukanlah hal yang baik bagi alam. Ingatlah ada istilah, ”alam tanpa manusia akan baik-baik saja, tetapi manusia tanpa alam sudah pasti binasa”.
Rangkaian argumen (pendapat/fakta) Mungkin Anda akan menganggap ini adalah tindakan yang remeh dan sangat kecil, tetapi apabila dilakukan oleh 200 juta penduduk Indonesia, maka itu akan menjadi hal yang besar. Negara akan dapat menghemat listrik secara besar-besaran.
Pernyataan ajakan Kemudian, setelah membenamkan di air, Anda perlu untuk terus-menerus mengganti air yang digunakan oleh sayur tersebut untuk dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Paket C Modul 4 Bahasa Indonesia SMA/MA Latihan Soal Unit 1 Teks Negosiasi Halaman 9 10

Contoh teks persuasi terkait pelestarian alam

Apa yang dilakukan oleh bangsa Indonesia saat ini pasti akan berdampak terhadap anak cucu bangsa ini. Lakukanlah hal yang baik bagi alam. Ingatlah ada istilah, ”alam tanpa manusia akan baik-baik saja, tetapi manusia tanpa alam sudah pasti binasa”.

Istilah tersebut memang terdengar sedikit menyeramkan, tetapi hal itulah yang sedang kita hadapi saat ini. Ada banjir di mana-mana, polusi udara yang menyesakkan paru-paru dan dapat menyebabkan kematian, naiknya level permukaan laut akibat pemanasan global yang mencairkan es-es di kutub.

Itu semua terjadi, karena ulah dari manusia. Dengan melestarikan alam, suatu saat banjir akan dapat dihilangkan, udara menjadi bersih dan segar bagi paru-paru, dan permukaan laut tidak lagi naik. Hal yang paling mudah adalah dengan mematikan lampu yang tidak terpakai.

Mungkin Anda akan menganggap ini adalah tindakan yang remeh dan sangat kecil, tetapi apabila dilakukan oleh 200 juta penduduk Indonesia, maka itu akan menjadi hal yang besar. Negara akan dapat menghemat listrik secara besar-besaran.

Kebiasaan lain yang perlu untuk terus dilakukan adalah membuang sampah pada tempatnya. Biarkanlah sungai-sungai tetap bersih dan jernih dengan tidak adanya sampah yang mencemarinya. Dengan begitu, sungai akan bersih dan tidak tersumbat, sehingga saat musim penghujan tiba, tidak ada lagi banjir yang melanda suatu kawasan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat