bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Teks Cerita Pendek dan Nilai Kehidupan Kegiatan 2 Halaman 117 118 - News

Tugas Kegiatan 2 Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 117 118 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban kelas 11 berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK karya Suherli, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 Kegiatan 2 Tugas halaman 117 118 ini memuat materi tentang mempresentasikan teks cerita pendek dengan nilai kehidupan.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum 2013 ini pun dapat menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa terkait materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 213 Kurikulum 2013 Tugas Tokoh dalam Teks Biografi

Kegiatan 2 Mempresentasikan teks cerita pendek dengan nilai kehidupan

Tugas 

1. Nilai-nilai kehidupan apa saja yang dapat kamu peroleh dari penggalan cerpen-cerpen di bawah ini? Jelaskan alasan-alasannya!

a. “Memesan tulisan di depan itu mahal!” akhirnya Salijan teringat lagi kepraktisannya dalam keuangan, harga papan, ongkos pencatatan tulisan – ah, sepuluh ribu sendiri habis ke situ! Tentulah suaminya tidak akan setuju. Jumlah itu besar, lebih baik ditambahkan ke tabungan guna mengurus sertifikat baru tanah yang masih mereka miliki.

Demikian sukar, berbelit, dan mahal untuk mendapatkan surat-surat tersebut, kata Samijo. Dan katanya lagi semakin lama akan menjadi semakin mahal, pegawai di kantor-kantor pemerintah akan minta jasa lebih besar lagi. Jadi, pengeluaran yang bukan untuk makan, pakaian lebaran, dan kesehatan, harus dihindari....

Kunci jawaban:

Nilai kehidupan dalam penggalan cerpen ini adalah nilai ekonomi sebab cerpen ini menyematkan kata-kata seperti keuangan, harga, ongkos, tabungan, mahal, serta pengeluaran, di setiap kalimatnya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 211 Kegiatan 1 Mengonstruksi Kritik Sastra

b. “Tak bisa kurang sedikit?”

“Tentu saja bisa, Mister. Dalam perdagangan, seperti Tuan maklum, harga bisa damai. Apalagi Mister pecinta benda seni!”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat