bdadinfo.com

Soal Tema 8 Subtema 2 Kelas 5 Semester 2 dan Kunci Jawaban Halaman 82: Tradisi Rasulan di Gunung Kidul - News

Tema 8 Subtema 2 kelas 5 halaman 82 Kurikulum 2013

Kunci jawaban Tema 8 Subtema 2 kelas 5 ini dikutip dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Lingkungan Sahabat Kita SD/MI Kelas V edisi revisi 2017 karya Heny Kusumawati.

Kunci jawaban Tema 8 Subtema 2 kelas 5 halaman 82 ini memuat materi tentang penceritaan kembali tradisi rasulan di Gunung Kidul dengan bahasa sendiri.

Kunci jawaban Tema 8 Subtema 2 kelas 5 halaman 82 Kurikulum 2013 ini juga bisa untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi SBdP.

Baca Juga: Membuat Denah Sekolah dan Diagram Data, Kunci Jawaban Tema 8 Subtema 4 Kelas 3 Halaman 185 186 Pembelajaran 3

Ayo Bercerita

Ceritakan kembali tentang tradisi rasulan di Gunung Kidul tersebut dengan bahasamu sendiri.

Tradisi Rasulan di Gunung Kidul

Tradisi rasulan biasanya dilakukan oleh para petani setelah masa panen di daerah Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta. Pelaksanaannya pun tergantung kesepakatan warga setempat, sekitar bulan Juni sampai Juli.

Tradisi rasulan yang berlangsung beberapa hari ini memiliki rangkaian kegiatan, antara lain kerja bakti sekitar dusun, kegiatan olahraga, dan pertunjukan seni budaya.

Atraksi seni budaya yang disuguhkan pun sangat menarik, misalnya doger, jathilan, wayang kulit, dan reog Ponorogo. Puncaknya, kirab pun diselenggarakan.

Kirab adalah arak-arakan mengelilingi desa, sambil membawa tumpeng dan sajian berupa hasil panen seperti pisang, jagung, padi, dan sayuran. 

Setelah kirab, warga berkumpul di balai dusun untuk berdoa bersama, memohon ketenteraman dan keselamatan. Kemudian, warga beserta wisatawan yang datang di balai dusun dapat menikmati tumpeng bersama.

Tradisi rasulan ini adalah warisan budaya nusantara di Indonesia yang harus dilestarikan. Tak hanya itu, tradisi ini dapat mempererat persatuan dan menumbuhkan jiwa gotong royong.

Baca Juga: Ulasan Cerita Rakyat dari Riau Burung Tempua dan Burung Puyuh, Kunci Jawaban Tema 8 Subtema 3 Kelas 6

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat