bdadinfo.com

Kementerian Agama Buka Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan - News

Kemenag buka beasiswa bagi PT Keagamaan (Kemenag)

- Kementerian Agama (Kemenag) membuka kesempatan bagi para mahasiswa perguruan tinggi keagamaan (PTK) untuk mendapatkan beasiswa kuliah satu semester di luar negeri. 

Program beasiswa yang bertajuk MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) tahun 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa melalui studi di luar negeri.

Pendaftaran seleksi beasiswa ini akan dibuka pada pertengahan Juni 2023, tepatnya pada tanggal 15 hingga 26 Juni 2023. 

Baca Juga: FMD Lawan Palestina tak Kalah Penting dengan Argentina, Erick Thohir: Kita punya target…

"Mahasiswa yang memenuhi syarat dan berminat dapat mendaftar melalui laman beasiswa.kemenag.go.id,"kata Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, M Ali Ramdhani, dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu, 14 Juni 2023.

Program MOSMA ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa PTK untuk mengikuti perkuliahan maksimal satu semester di kampus luar negeri.

Durasi kuliah tersebut dapat dikonversi menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) di kampus asal mahasiswa. Kemenag merencanakan dua skema penempatan perguruan tinggi dalam program ini. 

Pertama, mahasiswa dapat memilih perguruan tinggi tujuan sesuai dengan pilihan mereka sendiri. Kedua, mahasiswa akan ditugaskan pada universitas yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Baca Juga: Liga Arab Saudi Makin Seru, Salah Satu Klub Incar Steven Gerrard Sebagai Pelatih

M Ali Ramdhani, atau yang akrab disapa Kang Dani, menjelaskan bahwa program beasiswa ini penting dalam meningkatkan wawasan keilmuan, kemampuan berinteraksi secara global, sikap terbuka, adaptasi terhadap budaya perkuliahan, kemandirian, kepercayaan diri, serta memperkuat rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

Program ini terbuka bagi mahasiswa sarjana (S1), magister (S2), dan doktoral (S3) dari 42 perguruan tinggi yang tersebar di ASEAN, Asia, Australia, Amerika, dan Eropa.

Bagi peserta program ini, Kang Dani menjamin bahwa mereka akan mendapatkan 20 angka kredit yang dapat ditransfer ke perguruan tinggi asal di Indonesia. 

Selain itu, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengirimkan artikel ke jurnal internasional bereputasi, terutama bagi mahasiswa magister dan doktoral.

Kemenag saat ini tengah menyosialisasikan program MOSMA ini kepada seluruh pihak terkait.

Baca Juga: Danau Tarusan Kamang, Keajaiban Alam yang Tersembunyi di Kecamatan Kamang Magek

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat