bdadinfo.com

Tindak Pidana Pembunuhan dalam Islam Beserta Sanksi Qisas, Diyat dan Kifarat, Kunci Jawaban Fikih Kelas 11 - News

Fikih kelas 11 halaman 30 31: Uji Kompetensi

- Kunci jawaban kelas 11 ini dikutip dari Fikih Kelas XI Madrasah Aliyah MA Peminatan IPA, IPS, Bahasa dan Kejuruan edisi 2020 karya Atmo Prawiro Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban Fikih kelas 11 Uji Kompetensi halaman 30 31 ini memuat materi tentang tindak pidana pembunuhan, qisas, diyat, dan kifarat.

Kunci jawaban Uji Kompetensi Fikih kelas 12 halaman 30 31 ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Tawaf Tetap Sah sehingga Sah pula Ibadah Haji Orang Tersebut, Kunci Jawaban Fikih Kelas 8

Uji Kompetensi

Jawablah pertanyaan berikut.

1. Kemukakan pendapatmu, bagaimana jika seorang pelaku tindak pidana pembunuhan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, bahkan sampai dihukum mati?

Kunci jawaban:

Menurut saya, penerapan hukuman berat bagi pelaku tindak pidana pembunuhan agar tidak ada seorang pun yang melakukan tindak kejahatan yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain.

Maka dari itu, hukuman penjara seumur hidup dan hukuman mati patut diterapkan di Indonesia, berlandaskan undang-undang berlaku bagi semua kalangan tanpa terkecuali.

Baca Juga: Shalat Jumat Beserta Dasar Hukum, Tata Cara Pelaksanaan dan Khutbah, Kunci Jawaban Fikih Kelas 7 Semester 2

2. Dalam kasus pembunuhan berencana, pelaku dapat dituntut dengan hukuman mati. Kemukakan pendapatmu apakah hukuman tersebut sesuai dengan fikih jinayat?

Kunci jawaban:

Fikih jinayat adalah ilmu yang mengatur mengenai hal-hal yang dilarang oleh syariat, atau hukum pidana Islam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat