bdadinfo.com

Tekanan yang Dirasakan pada Roda-Roda Mobil, Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 53 Kurikulum Merdeka - News

IPA kelas 9 halaman 53 Kurikulum Merdeka: Tekanan

Kunci jawaban IPA kelas 9 ini dikutip dari Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX karya Cece Sutia, dkk. edisi 2022 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 53 ini memuat materi tentang tekanan zat padat, termasuk pada sepatu dan roda-roda mobil.

Kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 53 Semester 1 Kurikulum Merdeka ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Sistem Reproduksi Manusia Beserta Peran Tulang Tengkorak Bayi Baru Lahir, Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 44

Aktivitas 3.1

Menurut kamu apabila seorang wanita menggunakan sepatu yang manakah yang paling bisa menandai tanah?

Menggunakan konsep tekanan, berikan alasanmu.

Kunci jawaban:

Dengan konsep tekanan, apabila gaya yang diberikan pada suatu benda (F) makin besar, maka tekanan (P) yang dihasilkan akan makin besar.

Makin luas permukaan suatu benda (A), maka tekanan yang dihasilkan makin kecil.

Sehingga, sepatu hak tinggi merah dengan luas permukaan lebih kecil ketimbang sepatu sneakers biru, menghasilkan tekanan lebih besar dan bisa menandai tanah.

Baca Juga: Magnet dan Penerapannya dalam Kereta Maglev, Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Semester 2 Uji Kompetensi Halaman 48 49

Uji Kemampuan

1. Sebuah mobil bak memiliki berat kosong 100.000 Newton. Jika mobil bak tersebut memiliki 4 buat roda dan masing-masing area tanah yang bersentuhan dengan roda sebesar 0,1 m2, berapakah tekanan yang dirasakan pada masing-masing roda?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat