bdadinfo.com

Jadi Kampus Terbaik di Sumatera, Wow Mahasiswa Unand Kudu Bayar Ratusan Juta Buat UKT - News

Mahasiswa Unand. (dok. Unand)

- Universitas Andalas atau Unand merupakan salah satu universitas negeri yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat.

Unand adalah universitas tertua yang terletak di luar Pulau Jawa. Secara resmi, Unand didirikan pada tanggal 23 Desember 1955 oleh wakil presiden saat itu, Mohammad Hatta.

Mulai tahun 2016, Unand sudah termasuk ke dalam perguruan tinggi negeri Klaster 1 dari Kemenristek Dikti.

Hingga pada tahun 2021 kemarin, melalui Peraturan pemerintah Nomor 95 tahun 2021, Unand resmi ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) ke-13.

Baca Juga: Bupati Eka Putra: Pendidikan dan Sekolah Politik Sangat Strategis Membekali Kader

Unand memiliki 15 fakultas dengan kampus utama yang terletak di Limau Manis, Padang, Sumatera Barat, dan kampus lainnya tersebar di Padang, Payakumbuh, dan Dharmasraya.

Unand menerapkan penentuan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi para mahasiswanya. Pengkelasan UKT digolongkan menurut kemampuan mahasiswa dan orangtua mahasiswa atau sang wali yang membiayai.

Penentuan UKT Unnad dilakukan pada saat calon Mahasiswa melakukan registrasi Online dengan mengisi slip gaji orang tua, dan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan terakhir.

Baca Juga: Bupati Eka Putra: Pendidikan dan Sekolah Politik Sangat Strategis Membekali Kader

Dilansir dari laman biayakuliah.net, Rabu, 30 Agustus 2023, terdapat 7 kelompok UKT untuk 15 fakultas di Unand, UKT kelompok I dan II setiap fakultas sama, yaitu Rp 500.000 dan Rp. 1.000.000.

Sedangkan muali kelompok III- VII memiliki perbedaan pada setiap Fakultasnya, mulai dari Rp 1.500.000 pada kelompok III terendah, hingga Rp 12.000.000 untuk kelompok VII tertinggi.

Pengelompokan angka tersebut berdasarkan kegiatan yang terdapat di Fakultas tersebut, jika Fakultas yang membutuhkan praktikum yang lebih banyak maka angka UKT fakultasnya pun cukup tinggi.

Baca Juga: Ini 4 Fakta Sumatera Barat Wajib Kalian Tahu, Nomor 2 Sering Terlupakan

Harga UKT yang disebutkan diatas hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang masuk Unand melalui jalur penerimaan mahasiswa SNMPTN dan SBMPTN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat