bdadinfo.com

Tak Disangka! Ternyata Ini Alasan Resmi FIFA Dibalik Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah World Cup U20 - News

Alasan FIFA dibalik Indonesia batal jadi tuan rumah World Cup U20, dengan sebut Tragedi Kanjuruhan. (fifa.com)

- Setelah menarik postingan teaser soundtrack resmi World Cup U20 yang dibuat oleh Weird Genius bersama Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya dengan judul Glorious ini. Akhirnya FIFA mengeluarkan alasan resmi kenapa Indonesia batal jadi tuan rumah atau host country perhelatan sepak bola tiap dua tahun ini.

Walaupun Erick Thohir selaku Ketua Persatuan Sepak Bola Selurhu Indonesia (PSSI) telah bertolak ke markas FIFA di Zurich, Swiss, untuk melakukan diplomasi terkait World Cup U-20.

Rupanya Presiden Gianni Infantino dan Erick Thohir sudah mendiskusiskan hal ini, dengan hasil yang berujung pada keputusan FIFA yang membuat Indonesia batal jadi tuan rumah atau host country World Cup U20, bahkan FIFA sudah memberikan alasan resminya, bahkan di dalamnya menyebutkan Tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga: Indonesia Resmi Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, FIFA Tetap Komitmen Bantu Majukan Sepakbola Tanah Air

"Proses transformasi sepakbola Indonesia dan diikuti tragedi yang terjadi pada bulan Oktober 2022 lalu," ucap pernyataan resmi FIFA melalui website resminya, sebagaimana dikutip pada 29, Maret 2023.

Pernyataan resmi FIFA ini meninjau karena tragedi di Stadion Kanjuruhan, Surabaya, Jawa Timur pada awal Oktober lalu telah melukai dunia sepak bola tidak hanya Indonesia, tetapi seluruh dunia.

Seterusnya peristiwa ini disebut sebagai Tragedi Kanjuruhan, karena telah menyebabkam 754 orang menjadi korban dan menelan 134 orang diantaranya meninggal dunia.

Baca Juga: Akses Jalan Sempit, Wabup Agam Safari Ramadan Dibonceng Motor Warga

Padahal asumsi yang berkembang di masyarakat Indonesia terkait gagalnya World Cup U-20 di Indonesia adalah mengira bahwa karena adanya kehadiran salah satu negara pesertanya yaitu Israel, sebagaimana kita ketahui secara politik Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Namun, dalam postingan resmi FIFA tidak menyinggung hal tersebut.

FIFA menyebutkan adanya Tragedi Kanjuruhan di era Pemerintahan Presiden Jokowi ini, maka jadi alasan World Cup U-20 tidak jadi diadakan di Indonesia.

Baca Juga: Lagu Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 Telah Dihapus dari Laman FIFA, Begini Respon Reza Arap

Seterusnya FIFA juga menyebutkan akan terus membantu Erick Thohir dalam membenahi sepak bola Indonesia dengan kehadiran anggota perwakilan FIFA di Indonesia untuk beberapa bulan ke depan.

Di akhir rilis resmi ini, FIFA melalui Presiden Gianni Infantino akan segera rapat dengan Erick Thohir terkait keputusannya mengeluarkan Indonesia dari host country World Cup U-20 dan transformasi sepak bola Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat