bdadinfo.com

Pernyataan Resmi Hyundai Terkait Tewasnya Craig Breen Pembalap WRC - News

 

Pembalap Hyundai, Craig Breen dilaporkan tewas dalam kecelakaan saat acara uji coba menjelang perlombaan kejuaraan dunia di Kroasia pada hari Kamis, 13 April 2023.

Breen saat itu sedang mempersiapkan penampilan keduanya di musim WRC sebagai pembalap ketiga Hyundai setelah bergabung kembali dengan brand milik Korea Selatan tersebut untuk periode kedua setelah satu musim penuh bersama M-Sport-Ford tahun lalu.

Pria kelahiran Irlandia yang berusia 33 tahun itu finis kedua saat Balap Swedia pada Februari yang menandai awal WRC pertamanya musim ini. Hasil tersebut menyamai hasil terbaik dalam karirnya di WRC setelah mencetak finis kedua di Swedia tahun 2018, Estonia tahun 2020-2021, Belgia tahun 2021, dan Sardinia tahun 2022.

Baca Juga: Pereli Craig Breen Tewas dalam Kecelakaan saat Sesi Uji Coba Balap Reli WRC di Kroasia

Pihak Hyundai telah mengonfirmasi kabar tersebut melalui pernyataan singkat:

"Hyundai Motorsport sangat sedih untuk mengonfirmasi bahwa pembalap Craig Breen hari ini telah kehilangan nyawanya setelah kecelakaan selama tes pra-acara untuk Balap Kroasia.

Rekan balapnya, James Fulton, tidak terluka dalam insiden yang terjadi tepat pada pertengahan hari di waktu setempat.

Hyundai Motorsport mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada keluarga, teman, dan banyak penggemar Craig. Hyundai Motorsport tidak akan memberikan komentar lebih lanjut untuk saat ini." bunyi pernyataan itu.

Baca Juga: Kabar Duka! Pembalap WRC Craig Breen Tewas dalam Kecelakaan Jelang Reli Kroasia

Breen telah berkompetisi di ajang Kejuaraan Balap Dunia sejak tahun 2009 untuk berbagai tim, dan acara balap di Kroasia yang seharusnya diikuti oleh Breen dijadwalkan akan dimulai minggu depan.

Breen adalah putra mantan juara balap nasional Irlandia dan memulai karirnya di mobil karting. Dia memenangkan beberapa gelar balap di berbagai tingkat kompetisi nasional dan internasional, dan menjadi podium finisher reguler di Kejuaraan Balap Dunia.

Setelah berkompetisi di Kejuaraan Balap Inggris domestik dan Kejuaraan Balap Tarmac Irlandia pada tahun 2010, dia maju ke WRC pada musim berikutnya di mana dia berkompetisi di Akademi WRC dan berhasil menjadi pemenang Piala Akademi perdana.

Baca Juga: Kabar Duka! Pembalap WRC Craig Breen Tewas dalam Kecelakaan Jelang Reli Kroasia

Pada 2012, dia mengalami kecelakaan di sebuah balap di Italia yang menewaskan rekan pengemudinya, Gareth Roberts.

Breen akhirnya mencapai tingkat teratas pada balapan tahun 2016 ketika dia mengendarai Citroen DS3 secara paruh waktu, mencetak podium perdananya dengan podium di posisi ketiga di Balap Finlandia. Dia tetap bersama Citroen sebelum kehilangan dorongannya di akhir musim 2018.

Hyundai memperoleh jasanya secara paruh waktu dari tahun 2019 hingga 2021, di mana ia mencetak empat podium dari sembilan balapan. Breen beralih ke M-Sport tahun lalu tetapi kembali ke Hyundai pada 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat