bdadinfo.com

Jangan Kaget! Ini Profil Ghanim Al Muftah, Pria Difabel yang Lantunkan Ayat Quran di Piala Dunia - News

Ghanim Al Muftah (kanan) bersama Morgan Freeman saat membuka Piala Dunia 2022 (Istimewa)

 
- Lantunan Surat Al Hujurat Ayat 13 yang dibacakan Ghanim Al Muftah, saat membuka Piala Dunia 2022 sukses menyita perhatian publik.

Hal ini sekaligus menjadi kali pertama, ayat suci Al Quran berkumandang di ajang pesta sepakbola lima tahunan tersebut.

Selain lantunan ayat suci Al Quran, sosok Ghanim Al Muftah juga menjadi sorotan dunia. Dalam kesempatan itu, ia didampingi oleh Morgan Freeman sebagai narator dalam pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar, pada Minggu malam, 20 November 2022.

Lantas siapakah Ghanim Al Muftah sang duta Piala Dunia 2022 itu? Berikut data yang berhasil dirangkum .

Usut punya usut, Ghanim Al Muftah merupakan pemuda berkembangsaan Qatar yang lahir pada 5 Mei 2002 dengan kondisi langka yang dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome (CDS), yaitu sebuah penyakit yang menyebabkan pasien terlahir tanpa bagian bawah tubuh, sehingga ia membutuhkan kursi roda dalam beraktivitas.

Ghanim adalah sosok inspiratif, pejuang dan telah banyak belajar mengatasi rintangan. Sebagai difabel, ia kerap kali menggunakan kursi roda, namun dalam beberapa situasi, ia bisa beraktivitas tanpa kursi roda, seperti berpartisipasi dalam olahraga ekstrem diantaranya skateboard dan panjat tebing.

Baca Juga: Begini Kata Pengamat Hukum Soal Meme Iriana Jokowi yang Dipelintir Kharisma Jati

Saat ini Ghanim Al Muftah diketahui tengah menjalani pendidikan di tingkat Universitas jurusan ilmu politik dengan tujuan untuk menjadi seorang diplomat.

Ghanim Al Muftah juga seorang pengusaha Ice Cream bintang lima yang berbasis di Qatar yakni brand Gharissa Ice Cream. Waralabanya pun telah diperluas ke luar negeri dan di seluruh wilayah Teluk. Selain itu, Ghanim Al Muftah juga merupakan seorang penulis.

Dalam Piala Dunia, Ghanim Al Muftah berkesempatan membawakan pesan perdamaian, yang berduet dengan aktor Morgan Freeman.

Ghanim Al Muftah juga membacakan potongan ayat suci Al Quran yakni Surah Al Hujurat Ayat 13 untuk membuat suasana tersebut menjadi lebih khidmat yang dimana surah ini memiliki makna terkait kemanusiaan.

Baca Juga: Bikin Bergetar, Ternyata Ini Makna Surat Al Hujurat yang Dilantunkan Saat Membuka Piala Dunia

FIFA sendiri telah menyampaikan bahwa tema pembukaan Piala Dunia Qatar adalah menyatukan umat manusia, menjembatani perbedaan lewat kemanusiaan, penghormatan, dan inklusi lewat sepak bola yang memberi kesempatan seluruh dunia untuk melebur menjadi satu suku dan hidup berdampingan di tenda bernama bumi.

Diketahui pembukaan Piala Dunia 2022 menyajikan tujuh program yang menampilkan atraksi tradisional Qatar maupun budaya dunia, termasuk mewakili 32 negara yang bakal berlaga di pesta sepak bola sejagat ini. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat